Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Pengajian Guyub Rukun MAN 3 Bantul

Edukasi | Thursday, 07 Dec 2023, 09:35 WIB
Dok. MAN 3 Bantul

Kementerian Agama Republik Indonesia mengangkat tema “Guru Pembelajar Bahagia Mengajar” dalam peringatan Hari Guru Nasional 2023. MAN 3 Bantul sebagai instansi di bawah Kementerian Agama turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dalam kegiatan “Pengajian Keluar Guyub Rukun” yang mengangkat tema Guru Pembelajar Bahagia Mengajar. Kegiatan yang diikuti oleh Guru Tenaga Kependidikan MAN 3 Bantul beserta keluarga ini digelar di Limasan Klampox, Sabtu (2/11/2023).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Pengasuh Pondok Pesantren Lintang Songo, KH. Drs. Heri Kuswanto, M.SI. . K. H. Heri menyampaikan terdapat dua kebahagiaan guru dalam mengajar. Selain kebahagiaan dalam pekerjaan, kebahagiaan juga dirasakan guru terhadap anak. Anak menjadi harta dunia dan akhirat sehingga menjadi sumber kebahagiaan guru. Anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada anak yang menjadi harta dunia dan akhirat karena mendapatkan bekal ilmu dunia dan ilmu agama, sebagaimana anak-anak dididik di madrasah yang mendapatkan ilmu yang komprehensif. Ada pula anak yang menjadi penghias karena sukses di dunia serta anak yang menjadi ujian.

K. H. Heri juga memaparkan bekal yang penting diberikan untuk anak-anak. “Beberapa hal yang penting diberikan kepada anak sebagai bekal, yaitu pikir, dzikir, dan dukir. Pikir artinya ilmu, bekal ilmu sangat berharga untuk anak karena ilmu lebih mahal dari emas. Dzikir artinya mengingat Allah, anak-anak didekatkan dengan Al-Quran. Al-Quran akan menghaluskan hati dan memberikan syafaat luar biasa. Dukir artinya keterampilan. Melalui bekal ini anak dapat menjadi penyejuk hati,” tutur K. H. Heri.

Pengajian semakin semarak dengan hiburan dari grup hadroh siswa MAN 3 Bantul, Hubbun Nabi MAN 3 Bantul. Selain itu, di akhir acara GTK MAN 3 Bantul diberikan doorprize menarik bagi yang beruntung. Rangkaian acara Pengajian Keluarga Guyub Rukun MAN 3 Bantul berjalan lancar, acara ditutup dengan doa makan siang bersama. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image