Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

3 Manfaat Kesehatan Teh Spearmint

Gaya Hidup | Thursday, 07 Dec 2023, 07:55 WIB
Sumber gambar: Cleveland Clinic

Minuman dengan rasa mint yang lembut ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mengendurkan persendian yang kaku

Saat memilih permen karet atau mint, memilih antara peppermint dan spearmint sering kali bergantung pada selera. Peppermint memiliki lebih banyak mentol dan rasa yang sangat kuat, sedangkan rasa spearmint lebih lembut dan manis.

Namun saat memilih teh, ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan selain rasa. Teh yang berbeda menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda — dan teh spearmint memberikan banyak manfaat.

“Hal terbaik tentang teh adalah harganya terjangkau, mudah didapat, dan mudah dibuat,” kata ahli diet terdaftar Natalie Romito, RDN, LD. Artinya, siapa pun bisa menikmati manfaat teh spearmint.

Spearmint (Mentha spicata), seperti peppermint, adalah sejenis mint. Bentuk terkonsentrasi dari berbagai jenis mint mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang serupa. Namun daun spearmint memiliki manfaat kesehatan unik yang membuat tehnya menonjol.

Romito berbagi apa yang perlu Anda ketahui tentang secangkir teh spearmint yang menenangkan.

Apakah teh spearmint baik untuk Anda?

Teh spearmint secara alami bebas gula dan tidak mengandung kafein. Ini dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan memberikan alternatif air yang sehat dan beraroma.

Spearmint segar mengandung vitamin dan nutrisi penting tetapi hanya dalam jumlah kecil – akan sulit mendapatkan jumlah harian yang disarankan hanya dari teh spearmint. Namun teh spearmint mengandung antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Teh spearmint adalah sumber yang sangat baik untuk:

· Flavonoid, seperti flavanon dan flavon, yang memiliki sifat antioksidan.

· Asam rosmarinic, senyawa yang memberikan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

“Teh hitam dikenal tinggi antioksidan. Namun jika Anda tidak menyukai rasa teh hitam, teh spearmint adalah alternatif yang bagus dan memiliki jumlah antioksidan yang sebanding,” kata Romito. “Dan semua teh membantu menurunkan peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung.”

Bagaimana teh spearmint dapat meningkatkan kesehatan Anda

Para ahli belum mempelajari manfaat teh spearmint seluas manfaat kesehatan dari jenis teh lainnya. Namun penelitian terkait beberapa kondisi kesehatan tertentu cukup menjanjikan.

Untuk mendapatkan manfaat teh spearmint, Romito mengatakan penting untuk memperhatikan jumlah teh yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

“Banyak penelitian tentang teh spearmint menggunakan 5 gram teh sehari, setara dengan tiga atau empat kantong teh standar,” katanya. “Ukur teh daun lepas dalam gram menggunakan timbangan makanan.”

Apa manfaat teh spearmint?

1. Memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan PCOS

Sebanyak 5 juta wanita dan orang yang ditetapkan sebagai perempuan saat lahir (assigned female at birth/AFAB) di Amerika Serikat hidup dengan sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome/PCOS) – suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon yang parah. Orang dengan PCOS biasanya memiliki:

· Tingginya kadar androgen, sekelompok hormon seks pria yang mencakup testosteron.

· Rendahnya tingkat hormon luteinizing (luteinizing hormone/LH) dan hormon perangsang folikel (follicle-stimulating hormone/FSH), hormon yang bertanggung jawab untuk fungsi seksual.

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa teh spearmint dapat bermanfaat bagi penderita AFAB yang mengalami ketidakseimbangan hormon akibat PCOS,” kata Romito. “Ini membantu mengembalikan kadar testosteron ke kisaran normal, yang dapat memperbaiki beberapa gejala yang terkait dengan testosteron tinggi.”

Dalam sebuah penelitian, penderita PCOS meminum teh spearmint dua kali sehari. Setelah satu bulan, mereka memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dan kadar LH dan FSH yang lebih tinggi dibandingkan peserta yang meminum teh plasebo.

Namun Anda mungkin melihat hasilnya lebih cepat dari itu. Dalam penelitian lain, orang dengan ketidakseimbangan hormon mengalami perbaikan hanya setelah lima hari minum teh spearmint.

“Manfaatnya mungkin bergantung pada seberapa jauh angka Anda berada di luar kisaran normal,” kata Romito. “Jika kadar testosteron Anda sedikit tinggi, teh mungkin cukup. Jika jumlahnya sangat tinggi, Anda mungkin memerlukan pengobatan tambahan untuk melihat perbaikannya.”

2. Membantu pertumbuhan rambut berlebihan

Beberapa orang AFAB mengalami pertumbuhan rambut berlebihan (hirsutisme). Rambut gelap dan kasar biasanya tumbuh di wajah, payudara, dan perut.

Sekitar 5% hingga 10% orang AFAB usia reproduksi mengalami hirsutisme. Ini bisa menjadi efek samping dari beberapa obat dan gejala dari kondisi lain. Namun separuh dari mereka yang mengidapnya juga memiliki kelebihan hormon pria. Hormon ekstra merangsang folikel rambut secara berlebihan.

“Salah satu gejala PCOS dan ketidakseimbangan hormon adalah pertumbuhan rambut yang berlebihan,” Romito berbagi. “Tetapi gejala itu berkurang dan bahkan hilang ketika Anda menurunkan kadar testosteron.”

Teh spearmint dapat membantu. Dalam penelitian yang sama yang menemukan bahwa meminum teh spearmint menurunkan testosteron, peserta juga melaporkan penurunan hirsutisme.

3. Meningkatkan kekakuan sendi

Salah satu antioksidan dalam teh spearmint, asam rosmarinic, memberikan manfaat ampuh untuk nyeri dan kekakuan sendi. Penelitian menunjukkan bahwa penderita osteoartritis yang meminum teh spearmint yang mengandung asam rosmarinic tingkat tinggi secara signifikan mengurangi nyeri dan kekakuan sendi.

Namun persendian Anda akan mendapat manfaat bahkan jika Anda tidak memiliki akses terhadap teh yang mengandung asam rosmarinic. Peserta penelitian yang meminum teh spearmint generik yang dibeli di supermarket lokal menemukan bahwa kekakuan sendi mereka meningkat pesat.

Kemungkinan manfaat spearmint lainnya

Meskipun penelitian mengenai teh spearmint masih terbatas, para ahli telah menemukan kemungkinan manfaat kesehatan lain yang terkait dengan ekstrak spearmint dan minyak esensial.

“Minyak atsiri dan ekstraknya bisa lebih pekat, sehingga bisa mengubah dampaknya pada tubuh Anda,” kata Romito. “Khususnya pada manusia, penelitian yang mengamati minyak esensial sangat berbeda dengan penelitian yang berfokus pada teh.”

Penelitian tentang ekstrak spearmint dan minyak esensial – yang mencakup penelitian pada manusia dan hewan – menemukan bahwa zat-zat tersebut dapat membantu:

· Melawan infeksi bakteri

· Memperbaiki rasa mual dan sakit perut

· Meningkatkan daya ingat

· Darah rendah

· Menurunkan gula darah

Selain itu, spearmint mungkin memberikan beberapa manfaat yang sama seperti mint — keduanya merupakan bagian dari keluarga tanaman Mentha. Namun saat ini, belum ada penelitian yang cukup untuk memastikannya.

Apakah baik minum teh spearmint setiap hari?

Para ahli menemukan risiko minimal terkait dengan minum teh spearmint. Bagi kebanyakan orang, meminum beberapa cangkir setiap hari adalah hal yang wajar.

Namun beberapa orang harus berhati-hati mengenai berapa banyak teh spearmint yang mereka minum. Anak-anak dan orang yang sedang hamil harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka, karena tidak ada bukti konklusif bahwa teh spearmint aman untuk mereka. Romito juga menyarankan untuk membatasi atau menghindari teh spearmint jika Anda memiliki:

· Penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

· Masalah fungsi ginjal.

· Masalah fungsi hati.

“Teh spearmint dapat memperburuk kondisi ini jika Anda meminumnya terlalu banyak atau terlalu sering,” Romito memperingatkan. Namun jika Anda menyukai teh spearmint, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda apakah aman untuk meminumnya sesekali dalam jumlah kecil. Seringkali ini semua tentang dosisnya.”

***

Solo, Kamis, 7 Desember 2023. 7:49 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image