Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Mengasah Profesionalisme Guru PAUD, KKL Prodi PGPAUD UMP Hadirkan Narasumber dari Aisyiyah dan KPAI

Edukasi | Monday, 04 Dec 2023, 13:33 WIB

 

Mengasah Profesionalisme Guru PAUD, KKL Prodi PGPAUD UMP Hadirkan Narasumber dari Aisyiyah dan KPAI RI

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertajuk "Menjadi Guru PAUD yang Berkemajuan."

Acara yang berlangsung di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, pada Ahad (3/12/2023) kemarin, menghadirkan Diyah Puspitarini SPd MPd, Sekertaris Pimpinan Pusat Aisyiyah 2022-2027, dan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Republik Indonesia (KPAI RI) Periode 2022-2027, sebagai narasumber utama.

Dalam pemaparannya, Diyah Puspitarini menyoroti isu-isu strategis dalam keputusan Muktamar 'Aisyiyah ke-48, terutama terkait dengan peningkatan mutu dan kualitas anak didik. Ia menggarisbawahi pentingnya memiliki pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang berkualitas, khususnya dalam era revolusi industri 4.0 dan menuju 5.0. Paradigma pembelajaran baru, menurutnya, perlu diterapkan, di mana tidak hanya pengetahuan yang ditransfer, tetapi juga nilai-nilai internal.

"Guru PAUD harus memiliki kemampuan multifungsi sebagai pendidik, pengasuh, pendisiplin, dan teladan dalam kebaikan dan kesabaran," ujar Diyah Puspitarini.

Ia juga menggambarkan sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru PAUD, termasuk ketimpangan literasi, kesulitan belajar siswa, dan pembangunan hubungan dengan orang tua siswa. Ia menyatakan bahwa penguasaan keterampilan tertentu, seperti memberikan instruksi dengan jelas, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, dan keterampilan komunikasi, sangat penting dalam profesi ini.

Kepala Program Studi PGPAUD, Dr Desti Pujianti MPd, menegaskan komitmennya untuk menyuarakan kesejahteraan guru PAUD bersama Persatuan Perempuan 'Aisyiyah (PP Aisyiyah) dan KPAI RI. Ia menekankan bahwa pemerintah perlu serius memperhatikan perjuangan guru PAUD dalam mendidik anak-anak usia dini, mengingat hal ini merupakan investasi bagi generasi masa depan bangsa.

“Acara KKL ini dihadiri oleh mahasiswa Prodi PGPAUD UMP yang dengan antusias mengikuti pemaparan dan diskusi mengenai perkembangan terkini dalam dunia pendidikan anak usia dini. Semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD pun semakin membara, terutama dengan adanya wawasan dari narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang pendidikan dan perlindungan anak,” jelasnya.

Kaprodi juga berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi landasan bagi mahasiswa PGPAUD UMP untuk menjelajahi dunia pendidikan PAUD dengan bekal ilmu dan semangat yang baru.(tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image