Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fauzi Rizky Suyudi

Kenalan Dengan Perasaan Cemburu Kamu

Edukasi | Monday, 04 Dec 2023, 03:11 WIB

Kalau kamu cuma mengenal rasa cemburu sebagai bentuk cinta, kamu belum tau aja nih apa-apa aja perasaan cemburu yang kamu alami di kehidupan. Ada loh beberapa cemburu yang kamu alami, misalnya ketika kamu melihat keunggulan seseorang yang lebih baik dari kamu, juga ketika kamu berjuang Bersama-sama tetapi yang mendapatkan pengakuan itu malah teman kamu. Jenis cemburu ini dapat kamu temukan di kehidupan sehari-hari tetapi kamu mungkin belum mengetahui perasaan cemburu jenis apa sih yang kamu alami sebenarnya.

Maka dari itu mari kita mengenali bareng-bareng yuk jenis-jenis cemburu yang mungkin pernah kamu alami sebelumnya:

https://purposefullife.com.au/wp-content/uploads/Understanding-Jealousy-Purposeful-Life.jpg

o Kalau kamu bermasalah dengan cinta dan persahabatan, maka cemburu romantis pernah kamu alami sebelumnya nih

1. Cemburu Romantis

Cemburu romantis jadi tipe cemburu yang melibatkan dua pasangan, baik itu pasangan cinta ataupun sahabat/teman dekat mu. Kalau kamu merasa dikhianati, terancam kehilangan dan menjadi lebih protektif dengan pasangan atau sahabatmu, kamu sudah menunjukan rasa cemburu yang romantis karena semua hal itu jadi bukti cinta mu kepada pasangan.

Cemburu Romantis juga terbagi lagi nih menjadi 3 jenis. Ada menurut Barelds & Dijkstra. 2007. Mengemukakan tentang Reactive Jealousy & Anxious Jealousy, Kemudian menurut Barelds et al. 2020. menyebut tentang Preventive Jelousy (Barelds & Dijkstra, 2021).

· Reactive Jealousy

Kecemburuan ini merupakan bagaimana kamu meluapkan kecemburuan dengan emosi-emosi negatif ketika melihat pasangan atau sahabatmu itu membuat kamu cemburu, sehingga kamu meluapkan dengan amarah dan kekesalan.

· Anxious Jealousy

Kecemburuan ini dimana kamu merasa nih kalau si doi mengkhianati mu. Terus kamu mulai berpikir negatif kalau dia bakal ninggalin kamu, tetapi sebenarnya ngga ada apa-apa kok sama pasangan mu itu, itu cuma kecemasan kamu aja.

· Preventive Jealousy

Kalau cemburu yang ini itu kamu membatasi pasangan mu berinteraksi sama lawan jenisnya, atau ngga kamu mengekang nih pasangan kamu buat ngga pernah berhubungan dengan teman-temannya. Karena kalau ngga, iya kamu pasti bakal cemburu deh.

o Nah, kalau yang ini diluar persoalan asmara mu nih. Ini adalah tentang bagaimana kamu dengan saingan mu nih dalam profesi yang sama. Kalau kamu seorang siswa, mahasiswa, perkerja kantoran, kamu harus tau jenis cemburu ini.

2. Cemburu Profesional

Kalau kamu seorang siswa yang melihat teman kamu mendapatkan peringkat tinggi yang kamu impikan, atau kamu seorang pegawai kantor yang melihat junior kamu yang malah mendapatkan naik jabatan dengan cepat, lalu kamu merasa iri. Berarti kamu ada dalam Cemburu Profesional.

o Adakah di kehidupan sehari-hari kamu melihat akan keunggulan atau kehebatan seseorang dalam publik speaking dan memimpin dengan baik dibandingkan dengan kamu. Dalam kehidupan sosial itu apa lagi kamu sedang dalam tahap dewasa yang butuh pengakuan dari orang lain.

3. Cemburu Sosial

Cemburu ini dikaitkan dengan kehidupan sosial atau kehidupan sehari-hari kamu, dimana saat seseorang mendapatkan sebuah pengakuan dari masyarakat, kamu merasa iri melihat apoa yang didapatkan orang tersebut. Dalam kehidupan sosial itu apa lagi kamu sedang dalam tahap dewasa yang butuh pengakuan dari orang lain.

o Sifat yang tidak sehat ialah ketika kamu terlalu berlebihan menanggapi sesuatu, terutama kalau kamu menghadapi perasaan cemburu. Karena buruknya sifat buruknya ini kami menyebutnya sebagai cemburu psikopat.

4. Cemburu Psikopat

Jenis cemburu ini adalah yang paling buruk nih diantara jenis cemburu diatas. Cemburu ini dapat melibatkan kekerasan fisik, kayak namanya tuh, psikopat. Obsesif yang besar akan sesuatu yang ingin kamu punya bisa saja dapat menimbulkan sesuatu yang tidak terpuji, bahkan dalam beberapa berita menceritakan adanya kasus pembunuhan karena perasaan cemburu nih. Wah ngga banget deh kalau kamu termasuk ke jenis cemburu ini.

Gimana, kamu udah termasuk cemburu yang mana nih. Hati-hati yak dampak dari cemburu ini berat-berat loh bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Tapi dari emosi yang buruk ini, cemburu kamu jadi tanda bahwa kamu cinta dan begitu peduli dengan apa yang ingin kamu miliki. Tapi yang wajar-wajar aja ya kawan cemburunya.

Daftar Pustaka:

Anugerah, W. (2023, January 11). Apa Itu Cemburu dan Bagaimana Mengatasinya Dengan Bijak. Localstartupfest. https://www.localstartupfest.id/faq/apa-itu-cemburu/

Barelds, D. P. H., & Dijkstra, P. (2021). Exploring the link between bright and dark personality traits and different types of jealousy. Psihologijske Teme, 30(1), 77–98. https://doi.org/10.31820/pt.30.1.4

Hunter, G., & Stockwell, A. (2022). Toward a behavior-analytic understanding of jealousy and compersion in romantic and sexual relationships. European Journal of Behavior Analysis, 23(1), 78–108. https://doi.org/10.1080/15021149.2021.1981751

Yulianto, A. (2009). CEMBURU DALAM HUBUNGAN PERCINTAAN. In Fakultas Psikologi UKRIDA (Vol. 3, Issue 15).

Yulianto, A. (2010). PROSES CEMBURU DALAM HUBUNGAN PERCINTAAN. In Fakultas Psikologi UKRIDA (Vol. 4, Issue 18).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image