Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Mengurangi Dosa Ekologis

Gaya Hidup | Saturday, 02 Dec 2023, 13:42 WIB
Foto udara banjir yang melanda sebagian kawasan Bekasi, Jawa Barat, pada tahun 2021 lalu. Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA via republika.co.id.

Banyak dari aktivitas yang kita lakukan ternyata merupakan bentuk dosa yang kita lakukan terhadap lingkungan. Pasalnya, apa yang kita lakukan itu nyata-nyata membuat lingkungan di Bumi kian rusak.

Padahal, nyata-nyata pula kita diamanatkan agar selalu menjadi rahmat bagi semesta alam alias rahmatan lil alamin. Dalam konteks lingkungan, apa-apa yang kita perbuat, aktivitas yang kita kerjakan, mestinya memberi dampak positif bagi lingkungan. Bukan malah ikut membuat rusak lingkungan. Bukan malah mendegradasi lingkungan.

Tapi, pada kenyataannya, tak sedikit dari apa yang kita lakukan dalam keseharian kita justru turut membawa implikasi negatif bagi lingkungan.

Contoh sederhana, misalnya, dalam hal bertransportasi. Kita terus-menerus membakar BBM demi kenyamanan kita bertransportasi menggunakan kendaraan pribadi. Padahal, untuk menjangkau tempat-tempat berjarak pendek, kita cukup berjalan kaki atau menggowes sepeda. Selain sehat bagi badan, jalan kaki dan gowes sepeda juga membawa implikasi positif bagi lingkungan.

Dengan semakin sering kita berjalan kaki atau menggowes sepeda, maka semakin kita mengurangi dosa ekologis kita. Sebaliknya, semakin seringnya kita bepergian menggunakan kendaraan bermotor, atau bahkan pesawat udara, maka semakin menumpuklah dosa-dosa ekologis kita.

Sungguh, kita salut pada orang-orang Baduy, yang mungkin kita anggap kuna atau ketinggalan zaman, yang kemana-mana senantiasa berjalan kaki. Toh mereka ternyata benar-benar mengamalkan konsep rahmatan lil alamin.

Dengan memilih selalu berjalan kaki, orang Baduy telah secara nyata berupaya menjaga lingkungan agar tidak rusak. Dengan selalu berjalan kaki, dan tidak menggunakan kendaraan bermotor, mereka berupaya menghindari melakukan dosa ekologis.

Terus menumpuknya dosa ekologis yang kita lakukan sudah barang tentu membuat Bumi makin tidak nyaman kita huni. Maka, mengurangi dosa-dosa ekologis sudah selayaknya kita lakukan.

Banyak hal sederhana yang dapat kita kerjakan yang sejatinya bakal membawa implikasi positif bagi Bumi kita.

Meminimalisir atau bahkan berhenti menggunakan kendaraan pribadi, berhenti menggunakan plastik sekali pakai, mengurangi konsumsi daging, hemat dalam penggunaan air, selalu mematikan listrik saat tidak diperlukan, menghindari naik pesawat terbang [jika memungkinkan] adalah beberapa hal yang dapat turut mengurangi dosa-dosa ekologis kita.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image