Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfathir zahy alwaan

Pemanfaatan Tekhnologi dan Digital Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

Teknologi | Friday, 01 Dec 2023, 19:07 WIB
https://images.app.goo.gl/uB19YS8sE267vUp48

Penulis : Alfathir zahy alwaan

Seiring berkembangnya zaman tekhnologi berkembang dengan sangat pesat, selain mempermudah kehidupan manusia tekhnologi juga bisa dijadikan sarana dan kunci dalam kemajuan bangsa karena semakin berkembangnya tekhnologi segala urusan yang rumit bisa menjadi mudah.

Wakil presiden Republik Indonesia Boediono mengatakan bahwa tekhnologi merupakan kunci kemajuan dari setiap bangsa. “Tekhnologi adalah kunci kemajuan dari setiap bangsa. Maka, kita perlu lakukan terus menerus untuk mendukung dan merangsang pemanfaatan tekhnologi tepat guna bagi bangsa kita” ujar wapres saat membuka acara gelar tekhnologi tepat guna (TTG) tingkat nasional XVI 2014 di Stadion Sempaja Samarinda, Kalimantan timur.

Lebih lanjut dikatannya dengan adanya pos pelayanan tekhnologi di masing-masing daerah agar bisa membentuk suatu sentra koordinasi dan inovasi bagi daerah itu sendiri. “pos tersebut diharapkan dapat mengkordinir pelayanan mulai pemilihan tekhnologi yang tepat sampai dengan pemanfaatannya oleh masyarakat luas. Disesuaikan dengan kultur daerah serta kekayaan alam yang dimiliki daerah itu,” jelas boediono.

Salah satu kemajuan tekhnologi adalah berkembangnya era digital yang sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat seperti transformasi smartphone dari zaman ke zaman. Era digital membuka peluang bagi peningkatan akses informasi yang merata. Dengan akses informasi yang merata, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi yang berkualitas dan bermanfaat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Era digital juga membuka peluang bagi peningkatan keterampilan digital. Keterampilan digital merupakan hal penting untuk menjadi kompetitif pada era digital ini. Dengan memiliki keterampilan digital, maka masyarakat akan lebih mudah mengakses dan memanfaatkan tekhnologi untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dengan berkembangnya tekhnologi dan era digital tentu sangat berpengaruh bagi masyarakat, selain mempermudah masyarakat dalam menerima informasi masyarakat juga lebih mudah dalam beragumentasi tentang suatu permasalahan yang sedang hangat dibicarakan sehingga menambah wawasan bagi masyarakat yang membaca, maka dari itu sebagai warga Negara yang baik kita harus memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan digital dengan sebaik mungkin dan bersama-sama memajukan bangsa dari segi tekhnologi dan digital.

kemajuan tekhnologi dan digital juga bisa menambah tingkat pendidikan dan wawasan bagi masyarakat dengan sangat mudah, karena pada saat ini para pelajar serta mahasiswa bisa mendapatkan pembelajaran atau materi dari media online sehingga bisa menjadi dampak yang baik dan juga bisa memajukan bangsa dari segi pendidikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image