Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nuruttaufiq

Antara Ibadah dan Kreativitas

Agama | Friday, 01 Dec 2023, 13:59 WIB

Ibadah ritual jumat dalam kehidupan muslim memberikan gambaran simpel tentang sejalannya kehidupan ibadah (bahkan yang kolosal) dengan kreativitas dan usaha untuk perbaikan diri dan sosial.

Dok.istimewa

Memang sejatinya, secara umum makna ibadah adalah seluruh sikap tunduk, khusuk dan penyerahan diri pada Dia Yang Maha Kuasa dalam setiap rangkaian aktivitas ketaatan: Dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Namun, sebagianya bersifat khusus, temporal, bersyarat dan tidak ada kreasi di dalamnya, seperti shalat dan haji: Kreativitas di luar itu. Dalam kaitannya dengan ibadah formal shalat jumat tadi, setelah ritus yang wajib ini, kaum muslim diperintahkan untuk kembali ke aktivitas normal selazimnya manusia:

Yaitu dengan bertebar ke pusat kerja masing masing, mengusahakan sebagian dari keutamaan/rezeki dari Allah (lewat karya, produksi dan khidmat), dan tetaplah dalam kondisi " mengingat Allah" dengan banyak (lisan dan perbuatan) agar kamu sekalian mendapatkan keberuntungan: Q.S: Al Jumu'ah.10.

Walaupun demikian, usaha kreatif dan lingkup kreativitas yang dikerjakan hendaknya sejalan dengan kaidah normatif masyarakat dan nilai syar'i. Sebab, dalam kehidupan muslim, kreativitas tidak berdiri secara bebas namun menjadi medium ekspresi dalam mencapai kebaikan hidup pribadi dan masyarakat.

Petikan ayat " Tetaplah mengingat Allah (lisan dan perbuatan) dengan banyak" yang dikutip di atas sebagai batasan dalam kreativitas, agar hasil kreatif itu bernilai ibadah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image