Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tata tanaya azzahra

11 Kiat Mengatasi Rasa Cemburu Buta Agar Hubungan Sehat

Curhat | Thursday, 30 Nov 2023, 14:25 WIB
ilustrasi pasangan cemburu

Pernah gak sih kamu ngerasain cemburu yang menggebu-gebu kalau lihat pacar kalian akrab atau becanda sama lawan jenis? atau kamu merasa cemburu kalau melihat pacar kamu sekedar ngomongin masalah tugas atau pekerjaan dengan rekan lawan jenis nya? Jangan-jangan kamu juga pernah mencurigai pacar kamu saat lihat dia asyik bermain dengan gadgetnya? Wahh kira-kira dia sedang bertukar chat sama siapa yaa sampai senyum-senyum begitu? Tenang aja, Cemburu dalam hubungan pacaran itu sebenarnya wajar banget loh.

Menurut (Yulianto, 2009), kehadiran pihak ketiga dalam hubungan kalian dengan pacar kalian itu bisa dianggap mengganggu keromantisan dalam hubungan kalian , karena kamu akan overthinking dan berpikir bahwa pacar kamu bakal ninggalin kamu dan berpaling ke orang ketiga tersebut dan menganggap dia sebagai ancaman bagi hubungan kalian. Tahu gak kalau cemburu itu juga merupakan salah satu fondasi yang paling penting dalam memelihara suatu hubungan? Karena cemburu juga memberikan dampak positif seperti membuat pacar kamu merasa bahwa kamu sangat mencintai dia, juga dapat memberikan kamu rasa gembira, rasa cinta dan membuat hubungan kalian Nampak “fresh” atau hidup. Eittss, tapi jangan terlalu berlebihan loh cemburunya, karena perilaku yang didasarkan oleh rasa cemburu buta itu seringkali tidak beralasan dan akan menyebabkan dampak buruk dalam hubungan kalian.

Perempuan juga cenderung lebih cemburuan dibandingkan dengan laki-laki (Nugraha 1998). Perempuan juga cenderung menganggap mantan pacar pasangannya sebagai ancaman, sedangkan laki-laki cenderung mencemburui laki-laki lain yang akrab dengan pasangannya (Yulianto, 2009). Namun untuk orang lain yang tidak cemburuan, hal ini bisa jadi tidak dianggap sebagai ancaman.

Cemburu itu sebenarnya tidak muncul begitu saja tanpa sebab apa pun, White dan Mullen mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi terjadinya rasa cemburu seperti kualitas tentang hubungan kalian, ancaman yang berat seperti pacar kamu mempunyai sahabat yang penampilannya jauh lebih menarik dibandingkan penampilanmu, jenis ancaman seperti ancaman seksual maupun ancaman emosional, pengalaman buruk seperti pernah diselingkuhi oleh mantan pacarmu sehingga menyebabkan kamu mempunyai trust issue, budaya, dan juga kepercayaan terhadap monogami.

Tingkat komitmen juga merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi perasaan cemburu dan kualitas dalam suatu hubungan. Komitmen merupakan intisari dari kualitas sebuah hubungan. Komitmen akan semakin kuat jika kedua belah pihak dapat saling menjaga dan memuaskan hubungannya dengan baik. Orang yang terlalu bergantung dengan pasangannya secara emosional lebih peka terhadap ancaman yang mendatangi hubungannya, mereka juga lebih cemburuan dibandingkan dengan orang yang tidak bergantung pada pasangannya. Hal ini diakibatkan oleh komitmen mereka yang tinggi dan rela melakukan banyak hal demi pasangannya

Daripada hubungan kamu dengan pacar kamu berakhir dengan kata “Kita putus!” karena cemburu buta yang berlebihan, coba deh lakukan beberapa tahap ini biar kamu gak berpikiran buruk terus ke pacar kamu!

Bagaimana caranya ya?

1. Saling Percaya Dengan Pacar Kita

Terdengar klise sih, tapi ada baiknya kamu coba untuk menaruh kepercayaan terhadap pacar kamu. Kepercayaan merupakan salah satu fondasi yang paling berpengaruh bagi setiap hubungan. Percaya deh, kalau kamu berusaha untuk percaya ke pacar kamu itu rasanya lebih melegakan dibanding jika setiap hari kamu memendam rasa cemburu kepadanya.

2. Cari Penyebab Mengapa Kita Cemburu

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kita tidak secara tiba-tiba merasa cemburu. Pasti ada suatu atau beberapa penyebab kita jadi merasakan hal itu entah kita sadari atau tidak.

3. Jujur dan Mengakui Perasaan Cemburu Kepada Pacar Kamu

Kalau kamu merasa ada sesuatu hal yang mengganjal di hati kamu, sebaiknya kamu ungkapkan rasa itu ke dia dan mengakui semua yang kamu rasakan dan apa yang kamu pikirkan terhadapnya.

4. Jangan Sembarangan Menuduh Pacar

Walaupun kamu merasa cemburu dan curiga terhadap pacar kamu, jangan sampai kamu menuduhnya yang tidak-tidak apalagi sebelum kamu menemukan bukti yang mendukung. Orang akan merasa terhina dan jengkel bila dituduh melakukan sesuatu (terutama hal buruk) yang belum tentu mereka lakukan.

5. Kontrol Diri Sendiri Untuk Tidak Melakukan Hal Buruk Yang Dapat Mempengaruhi Hubungan

Jangan lah kamu berusaha untuk membuat pacar mu cemburu juga maupun mengancamnya bahwa kamu akan menyakiti diri kamu sendiri atau bahkan mengancam untuk putus, salah-salah hal tersebut justru akan merugikan kamu dan hubunganmu sendiri nanti.

6. Jangan Berkhayal Yang Tidak-Tidak

Jika kamu merasa cemburu dengan pacar mu karena melihat ia mengobrol dengan orang lain, janganlah membuat skenario buruk di dalam kepalamu karena apa yang kamu pikirkan itu belum tentu benar.

7. Jangan Bandingkan Diri Sendiri Dengan orang Lain

Berusahalah untuk tidak membandingkan diri mu dengan orang lain. Mungkin kamu berpikir bahwa temannya pacar kamu itu jauh lebih baik dari kamu dari segi penampilan dan sifat, namun pacarmu belum tentu berpikiran hal yang sama, bisa saja dia melihat dirimu sebagai orang yang paling baik dibandingkan dengan siapapun dan karena itulah dia memilih kamu untuk menjadi pacarnya.

8. Bangun Lagi Kepercayaan Terhadap Pacar Secara Perlahan

Mungkin kamu sudah kehilangan rasa percaya terhadap pacar kamu yang diakibatkan oleh rasa cemburu kamu, namun berusahalah untuk kembali mempercayainya dengan perlahan dan tanpa ada paksaan.

9. Berpikir Positif

Tetaplah berpikir positif dan hindari mengkhawatirkan pacar kamu secara berlebihan. Bayangkan momen-momen dan hal-hal yang mengingatkan dan membuat kamu merasa beruntung telah memiliki pacar yang baik sepertinya.

10. Cari Kesibukan lain

Alih-alih terlalu bergantung dan mengkhawatirkan pacar kamu, lebih baik kamu mengerjakan hal-hal positif yang dapat membuat kamu melupakan akan hal-hal buruk.

11. Hargailah Diri Sendiri

Terakhir, hargailah diri kamu sendiri, dengan begitu kamu akan mendapatkan ketenangan. Ingatlah bahwa diri mu itu berharga dan layak dicintai oleh pacar kamu.

Nah, itu dia 11 cara untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk menjaga hubungan kamu agar tetap langgeng terus ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image