Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga, SMP Mugadeta Laksanakan Program Public Speaking Goes to School

Eduaksi | Tuesday, 28 Nov 2023, 04:37 WIB
Foto bersama setelah kegiatan (Dok. Pribadi)

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) kembali melaksanakan program kolaborasi bertajuk Public Speaking Goes to School bekerjasama dengan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka) pada Senin (20/11).

Kegiatan yang mengangkat tema "Gugup Dikit Nggak Ngaruh" ini melibatkan setidaknya 30 siswa berpartisipasi aktif dalam sesi materi, praktik dan refleksi. Bertindak sebagai pemateri sharing adalah Moh Faizin, Berlin Muhammad, Olvia Subandi dan Kartika Maharani. Keempat mahasiswa ini tergabung dalam kelompok Treasure dibawah bimbingan dosen Taufiq Rahman, M.Sos.

Foto Bersama Mahasiswa, Kepala Sekolah dan Perwakilan Siswa setelah sesi pembukaan (Dok. Pribadi)

Kegiatan dimulai dengan paparan materi terkait public speaking dan bagaimana percaya diri dan siap tampil di depan umum. Kegiatan dikemas secara interaktif melibatkan peran siswa selaku audiens. Contoh-contoh secara riil di lapangan disesuaikan dengan kebutuhan siswa diantaranya bagaimana tips dan etika memperkenalkan diri, membuka acara dan kasus-kasus yang biasa ditemukan dalam konteks sehari-hari berkaitan dengan public speaking.

Setelah sesi materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi games dan praktik. Peerta diberikan kesempatan untuk tampil berbicara di depan kelas maupun melatih keberanian dalam menyampaikan hal-hal penting yang diperoleh selama acara. Setidaknya 5 siswa berani tampil dan mendapatkan apresiasi berupa hadiah dari pemateri.

Siswa mendapatkan apresiasi dari pemateri berupa hadiah (Dok. Pribadi)

Pada sesi akhir, peserta diberikan kesempatan untuk menuliskan refleksi mengikuti kegiatan. Tidak lupa diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian kesan pesan pelaksanaan kegiatan. "Acaranya seru dan menarik", ungkap Shelly, salah satu siswa.

Foto Bersama setelah kegiatan (Dok. Prinadi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image