Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Akbar Samudra

Peran Bea Cukai Mengatur Peredaran Rokok Ilegal di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Ekonomi Syariah | Saturday, 25 Nov 2023, 19:42 WIB
sumber: Kompasiana.com

Akhir akhir ini di tempat kelahiran saya lebih tepatnya Tanjung Jabung Barat banyak beredarnya rokok ilegal dengan harga yang sangat murah yang berkisaran Rp.5000 sampai Rp.7000 perbungkus nya. Pertanyaan nya kenapa sih rokok yang rata - rata yang dijual di Indonesia sekarang berkisaran Rp.20.000 sampai Rp.38.000 sedangkan rokok yang dijual di Tanjung Jabung Barat bisa dikatakan sangat murah. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya sistem pengaturan harga yang bernama Bea Cukai, tugas Bea Cukai mengatur pajak dan bea masuk khusus untuk produk tembakau, seperti rokok.

Pungutan ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapatan bagi pemerintah dan dapat bervariasi berdasarkan jenis rokok, merek, atau asal usulnya. Oleh karena itu, rokok yang tidak terdaftar atau tidak terdeteksi oleh beacukai harga nya jauh lebih murah dibandingkan dengan rokok yang sudah terdaftar di beacukai, rokok ilegal juga berpotensi untuk menjatuhkan nilai jual beli rokok yang sudah terdaftar beacukai dikarenakan harga nya lebih murah, bagi sudut pandang pribadi saya dan saya perokok, pada awalnya saya selalu membeli rokok mahal diatas Rp.30.000 (Rokok Surya isi 16).

Suatu ketika saya mencoba varian rokok baru yang harga nya jauh lebih murah berkisaran Rp.10.000 dan saya merasakan tidak adanya perbedaan diantara rasa rokok mahal dan murah, oleh karena itu saya berfikir untuk membeli rokok yang tidak mempunyai izin dari beacukai, akan tetapi rokok ilegal dan legal itu sangat berbeda. Rokok ilegal diketahui dapat mengandung bahan - bahan yang tidak aman bagi kesehatan. Produksi yang tidak terkendali dapat mengakibatkan kualitas dan keamanan produk yang rendah, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan perokok dan masyarakat umum.

Produksi dan penyebaran rokok ilegal dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Penggunaan bahan - bahan kimia yang tidak diatur dan limbah industri dapat merusak tanah dan udara. Selain menjual rokok ilegal sering kali terkait dengan kegiatan kriminal dan perdagangan ilegal lainnya. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak aman dan dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat kejahatan, jika ketahuan menjual rokok ilegal maka akan dikenakan tindak pidana.

Saran saya, rokok ilegal harus segera di tiadakan, karena rokok ilegal merupakan ancaman serius yang mempengaruhi kesehatan masyarakat, perekonomian, dan keamanan. Rokok ilegal membawa dampak negatif terhadap kesehatan konsumen termasuk diri saya sendiri. Dengan demikian, peredaran rokok ilegal bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau industri tembakau, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk melindungi kesehatan masyarakat, dan melawan kejahatan yang terjadi. Dengan upaya ini, kita dapat memastikan bahwa asap rokok ilegal yang berbahaya tidak lagi menjadi ancaman kesejahteraan dan keamanan masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image