Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azizah Salsabila

Apakah Lulusan Manajemen Pendidikan Bisa Menjadi Kepala Sekolah?

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 23 Nov 2023, 12:54 WIB
Foto: Dokumentasi Pribadi

Jurusan Manajemen Pendidikan masih terdengar aneh ya? Hal ini wajar, karena dulunya departemen ini adalah sebuah organisasi pendidikan, dan pergantian nama baru terjadi pada tahun 2000. Dengan perubahan nama ini, bidang studi departemen ini semakin luas, tidak lagi hanya seputar administrasi saja, tetapi juga tentang mengajar strategi perbaikan, kualitas pendidikan dan masalah manajemen lainnya.

Sebagai jurusan manajemen pendidikan, mahasiswa diharapkan menguasai bidang manajemen, perencanaan, prasarana, pengendalian properti, bahkan memantau kemajuan pembelajaran. Bahwa semua permasalahan tersebut menjadi satu kesatuan yang penting untuk dijadikan kajian terhadap seluruh aktivitas lembaga pendidikan di Indonesia, baik pemerintah maupun swasta. Walaupun nama jurusan ini Manajemen Pendidikan, bukan berarti jurusan ini berada di bawah Fakultas Bisnis atau Fakultas Ekonomi, Jurusan ini masih berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan, sehingga gelar Anda tetap menjadi Sarjana Pendidikan.

Lulusan manajemen pendidikan dapat mempunyai kesempatan menjadi kepala sekolah. Manajemen pendidikan adalah bidang pendidikan yang melatih masyarakat untuk memimpin dan mengelola lembaga pendidikan, termasuk sekolah. Keterampilan kepemimpinan, manajemen, perencanaan dan evaluasi yang diperoleh selama studi dapat menjadi aset yang baik dalam posisi kepala sekolah.

Tugas pokoknya memerlukan kemampuan kepemimpinan yang kuat, pemahaman yang mendalam terhadap proses pembelajaran, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak dan kemampuan mengambil keputusan strategis. Lulusan Manajemen Pendidikan seringkali memiliki latar belakang dan pengetahuan untuk memenuhi persyaratan tersebut. Namun perlu diingat bahwa selain pendidikan formal, pengalaman kerja, kemampuan komunikasi dan keinginan untuk belajar lebih banyak serta beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan juga sangat penting untuk menyukseskan peran pemimpin sekolah.

Oleh karena itu, seseorang dengan latar belakang Manajemen Pendidikan mungkin perlu menggunakan pengalaman lapangan dan mencari peluang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan seiring berjalannya waktu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image