Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

UMP Resmi Meluncurkan Titik Baca di 100 Taman Baca Masyarakat

Eduaksi | Thursday, 23 Nov 2023, 09:28 WIB
UMP Resmi Meluncurkan Titik Baca di 100 Taman Baca Masyarakat

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) secara resmi meluncurkan program "Titik Baca" di 100 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang tersebar di berbagai wilayah di Banyumas. Acara peluncuran ini bertujuan untuk meningkatkan akses literasi masyarakat dan mendukung pengembangan minat baca di kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa.

Kepala Perpustakaan UMP, Riski Tri Wismanawati, S.Hum., menjelaskan program ini merupakan bagian dari upaya UMP dalam memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. "Titik Baca di TBM ini diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan informal yang membantu meningkatkan literasi masyarakat," ungkap Riski saat ditemui di Purwokerto, Kamis (23/11/2023).

Dalam acara peluncuran ini, Riski menyampaikan Perpustakaan UMP berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif literasi masyarakat. "Kami berharap dengan adanya Titik Baca di TBM, masyarakat dapat lebih mudah mengakses bahan bacaan yang bermutu dan mendukung pengembangan ilmu pengetahuan," tambahnya.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, turut memberikan dukungan penuh terhadap program ini. Menurutnya, kegiatan tersebut selain memberikan dukungan literasi di lingkungan UMP juga akan bernilai ibadah, ilmiah dan amaliah. Pembagian titik baca digital dari perpustakaan UMP merupakan transformasi pengelolaan perpustakaan UMP berbasis digital sebagai corak Muhammadiyah yang selalu berkeinginan menjadi trend center bukan lagi follower.

"Literasi adalah kunci penting dalam menghadapi tantangan zaman. UMP berusaha memberikan kontribusi nyata melalui program Titik Baca ini untuk meningkatkan daya baca masyarakat," ujar Rektor.

Rektor menekankan pentingnya kerjasama antar lembaga dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan Titik Baca di TBM. "Kita semua memiliki peran dalam menciptakan lingkungan literasi yang kondusif, dan program ini adalah langkah awal yang signifikan," ungkapnya.

Program Titik Baca di TBM ini melibatkan kerjasama antara UMP, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat. Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang maksimal untuk pengembangan literasi di masyarakat. (tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image