Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suci Mandhayanti Nurhikmah

Peranan Orang Tua dalam Mendukung Suksesnya Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Is

Agama | Sunday, 19 Nov 2023, 20:52 WIB
Disusun oleh : Muhamad Nawal Hotami

Fakultas : Tarbiyah

Semester : 3a

STAI AL-AZHARY CIANJUR

2023-2024

Peran orang tua dalam mendukung kesuksesan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah penting. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pemahaman terhadap Kurikulum Merdeka :

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi kehidupan,mengapa? Karena pendidikan adalah wadah yang memberikan pengetahuan bagi kita.

Karna dengan pendidikan Orang tua perlu memahami konsep dan tujuan dari Kurikulum Merdeka, termasuk bagaimana pendekatan ini diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan pemahaman ini, mereka dapat berkontribusi secara lebih efektif dalam mendukung proses pembelajaran anak.

2. Aktif terlibat dalam Pembelajaran :

Orang tua perlu aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran anak, termasuk diskusi tentang pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini melibatkan mendengarkan pengalaman anak, membantu memahami konsep-konsep agama, dan memberikan dukungan saat anak menghadapi tantangan dalam pembelajaran.

3. Mendorong Kemandirian Anak :

Orang tua dapat membantu mengembangkan kemandirian anak dengan memberikan tanggung jawab dalam pembelajaran agama. Misalnya, mereka dapat mendorong anak untuk membaca Al-Quran sendiri, melakukan shalat secara mandiri, dan mengelola waktu untuk kegiatan agama,dengan cara melatih supaya anak terbiasa.

4. Menyediakan Sumber Belajar :

Mendukung pembelajaran anak dengan menyediakan sumber belajar yang relevan dan mendukung, seperti buku-buku agama, multimedia interaktif, atau mengajak anak ke tempat-tempat pendidikan agama yang bermanfaat contohnya seperti metode pembelajaran dengan syair-syair ataupun disebut dengan nadhoman lagu religi.

5. Pembentukan Nilai-Nilai Agama :

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai agama pada anak,dengan didasari ilmu agama anak-anak dapat membedakan antara yang hak dan yang bathil yang halal maupun yang haram. Selain itu Mereka dapat memberikan contoh teladan, mengajarkan etika Islam, dan membimbing anak dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui keterlibatan aktif dan mendalam orang tua dalam mendukung Kurikulum Merdeka, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menjadi lebih bermakna dan terintegrasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari anak. Sinergi antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di rumah merupakan kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan kurikulum yang merdeka dan berbasis nilai-nilai agama Islam.

Kesimpulan

Dalam mendukung suksesnya Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, peran orang tua tidak dapat diabaikan. Melalui pemahaman, keterlibatan aktif, mendorong kemandirian, menyediakan sumber belajar, dan pembentukan nilai-nilai agama, orang tua dapat menjadi mitra yang kuat dalam mencapai tujuan pembelajaran agama anak. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik dan mendukung perkembangan spiritual anak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image