Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Radi Surya Nandana

Pentingnya Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 18 Nov 2023, 20:13 WIB

manajemen adalah suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dilakukan individu atau kelompok. Dalam kegiatan pengelolaan, manusialah yang membuat rencana dan tujuan yang ingin dicapai, sehingga tanpa manusia kegiatan pengelolaan tidak akan terlaksana. Dalam lembaga pendidikan, penerapan manajemen sumber daya manusia sangatlah penting, karena sumber daya manusia merupakan unsur manajemen yang pertama sebelum unsur lainnya. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang ilmu manajemen sangat penting untuk mengambil keputusan tentang pemanfaatan sumber daya, perencanaan bisnis, pengembangan produk, strategi pemasaran, dan lain-lain di lembaga pendidikan.

(Dokumen Pribadi)

Peranan manajemen sumber daya manusia pada lembaga pendidikan tentunya memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan mutu pendidikan, karena pendidikan yang berkualitas berasal dari orang-orang yang mengelola pendidikannya sendiri dan juga merupakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan fungsional manajemen sumber daya manusia adalah memelihara kontribusi bagian-bagian dalam organisasi agar sumber daya manusia pada bagian-bagian itu dapat menjalankan tugas secara optimal. Setiap sumber daya manusia akan memiliki makna fungsional jika manajemenya mampu memenuhi tujuan permintaan organisasi. Dengan demikian manajemen bertugas untuk mengoptimalkan agar setiap sumber daya manusia dapat berkontribusi pada bagian tugas dan fungsi yang dijalankan.Peran sumber daya manusia (SDM) pada lembaga pendidikan sangat penting dan membantu meningkatkan mutu pendidikan. Peran penting manajemen sumber daya manusia pada lembaga pendidikan antara lain:

 

  • Rekrutmen dan Seleksi: Manajemen Sumber Daya Manusia bertanggung jawab atas rekrutmen dan seleksi guru, dosen, dan staf yang memenuhi syarat untuk menjamin keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Proses rekrutmen dan seleksi yang baik akan membantu lembaga pendidikan mendapatkan tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan, sehingga berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan.

 

  • Pengembangan Sumber Daya Manusia: Manajemen sumber daya manusia berkaitan dengan pengembangan pegawai, termasuk pelatihan, pengembangan karir, dan pemberian kompensasi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu lembaga pendidikan. Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pegawai, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang optimal sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan.

 

  • Pengelolaan hubungan kerja: Manajemen sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam pengelolaan hubungan industrial dan perburuhan di lembaga pendidikan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Dengan demikian, pengelolaan hubungan kerja yang baik dapat meningkatkan motivasi, disiplin, semangat, kegairahan kerja, serta rasa aman karyawan, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada suatu lembaga pendidikan.

 

  • Meningkatkan kontribusi sumber daya manusia: Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi terhadap tujuan organisasi, Dengan menerapkan strategi dan fungsi manajemen sumber daya manusia yang efektif, lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan memastikan ketersediaan tenaga kerja yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan kontribusi sumber daya manusia terhadap tujuan organisasi, termasuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien

Peran sumber daya manusia di atas dalam lembaga pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan, mengelola sumber daya manusia dengan efektif, dan mencapai tujuan organisasi pendidikan. Pentingnya sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan menekankan bahwa peran mereka bukan hanya terbatas pada penyampaian materi pelajaran, tetapi juga dalam membentuk lingkungan belajar yang mendukung, memotivasi, dan menginspirasi pertumbuhan holistik siswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image