Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ega Stinka

Siswa Siswi SMK Grafika Yayasan Lektur Antusias Menyambut Kegiatan PKM Mahsiswa Unversitas Pamulang

Eduaksi | Saturday, 18 Nov 2023, 19:35 WIB
foto bersama siswa siswi

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Universitas Pamulang untuk memenuhi salah satu syarat untuk menuju tahap Skripsi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini bertujuan untuk sosialisasi, penyadaran dan untuk berbagi ilmu mengenai perkembangan teknologi khususnya Artificial Intelligence dan juga aplikasi Photoshop, audiens yang dituju adalah siswa dan siswi SMK Grafika Yayasan Lektur.

Sasaran Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan kepada siswa dan siswi SMK Grafika Yayasan Lektur yang berada di Kecamatan Cilandak, Kelurahan Lebak Bulus Kota Jakarta Selatan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini di latar belakangi oleh tujuan untuk menyadarkan para siswa dan siswi akan pesatnya perkembangan teknologi di seluruh penjuru dunia. Dengan kesadaran akan kemajuan teknologi yang sangat pesat di era sekarang memaksa kita untuk dapat mengetahui, mempelajari dan memanfaatkannya. Dengan upaya agar para siswa dan siswi tidak tertinggal dalam persaingan yang hampir semua bidang kehidupan tidak luput dari yang namanya teknologi.

"Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama," kata Airlangga. Sehingga apabila kurangnya kesadaran perkembangan dapat membuat ketertinggalan terhadap kemajuan teknologi dimasa sekarang dan yang akan datang.

Oleh karena itu kami melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Grafika Yayasan Lektur sebagai bentuk kepedulian untuk menyadarkan mengenai perkembangan teknologi dimasa sekarang yang sudah sangat maju. Kami ingin para siswa dan siswi dapat mengetahui, mempelajari dan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia di berbagai platform aplikasi komputer dan mobile, salah satu contohnya adalah aplikasi Photoshop. Dimana dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat para siswa dan siswi diperkenalkan bagaimana teknologi yang dapat dimanfaatkan.

Teknologi Artificial Intelligence sungguh sudah banyak sekali yang terdapat pada platform aplikasi editing contohnya adalah aplikasi Photoshop. Aplikasi tersebut sudah mengadopsi banyak teknologi AI, salah satu contohnya adalah Generatif AI.

Generatif AI adalah teknologi AI yang sudah diadopsi oleh aplikasi Photoshop yang memungkinkan user untuk melakukan editing secara instan. Dengan begitu user dapat menciptakan suatu hal yang mereka mau secara cepat.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa aplikasi Photoshop (beta) telah merilis Generative Fill, co-pilot pertama di dunia dalam alur kerja kreatif dan desain, yang memberikan cara baru yang ajaib bagi pengguna untuk bekerja. Generative Fill didukung oleh Adobe Firefly, keluarga model AI generatif kreatif Adobe," tulis Adobe di lamannya pada Selasa (23/5).

"Mulai hari ini, pelanggan Photoshop dapat membuat gambar yang luar biasa dari perintah teks sederhana," tambahnya.

Dengan adanya kegiatan pengetahuan dan pemanfaatan ini tentu dapat menyadarkan para siswa dan siswi tentang bagaimana mereka dapat memanfaatkan teknologi AI di aplikasi Photoshop untuk meciptakan konten yang mereka mau secara instan.

Dan hasil yang diharapkan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini agar siswa dan siswi dapat melakukan kegiatan editing dengan aplikasi Photoshop dengan memanfaatkan Generatif AI yang sudah ada didalam aplikasi tersebut. Dan juga dengan harapan dapat memanfaatkan Generatif AI untuk menciptakan suatu hal yang dapat dipasarkan atau setidaknya berhubungan dengan dunia perkerjaan dan bisnis.

Metode dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode penyampaian materi dari mengenai teknologi secara umur lalu mengerucut pada materi tentang Artificial Intelligence dan lebih mengerucut lagi mengenai Teknologi Generatif AI pada Aplikasi Photoshop. Selain materi kegiatan praktik juga disampaikan dan dilakukan secara bersama, secara tidak langsung para siswa dan siswi dapat tersadar akan asiknya belajar editing dengan memanfaatkan Generatif AI.

Dan para siswa dan siswi dapat melakukan editing sesuai dengan apa konten yang sudah mereka rancang sebelumnya, merubahnya kedalam karya seni rupa digital, serta kemampuan mereka dapat bermanfaat dikemudian hari apabila sudah mahir nantinya. Tidak ada yang sia-sia dari hal posisitf yang dipelajari.

Atas dasar demi kesadaran yang lebih dari siswa dan siswi mengenai perkembangan teknologi yang sangat pesat kami melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan harapan para siswa dan siswi khususnya siswa dan siswi SMK Grafika Yayasan Lektur termotivasi dan suka terhadap teknologi Artifial Intelligence yang sudah sangat berkembang di era sekarang.

Akhir kata, kami sebagai pelaksana Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini merasa sangat senang karena dapat berdiskusi secara langsung dengan para siswa dan siswi SMK Grafika Yayasan Lektur dan di sambut dengan baik. Untuk pembaca mohon sadarlah terhadap perkembangan teknologi demi tidak tertinggalnya negara kita dari negara lain yang bahkan sudah mampu menciptakan segala hal. Terima kasih banyak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image