Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ega Stinka

Pengetahuan dan Pemanfaatan Fungsi Teknologi AI Pada Photoshop

Teknologi | Saturday, 18 Nov 2023, 17:55 WIB

 

ilustrasi AI (foto: okezone)

Photoshop semakin maju dengan fitur AI atau kecerdasan buatan. Fitur ini memungkinkan Anda mengedit foto dengan lebih mudah dan cepat. Nah penasaran bagaimana cara menggunakan fitur AI di Photoshop? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Pertama, pastikan Anda menggunakan Photoshop CC 2020 atau versi lebih baru yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Buka aplikasi Photoshop dan pilih tab Edit di bagian atas. Di sana Anda akan menemukan beberapa fungsi AI seperti menambah/menghapus latar belakang, pola isian, dan cat.

Fitur pertama yang bisa Anda coba adalah penghapusan latar belakang. Fitur ini berguna untuk menghilangkan background foto secara otomatis. Caranya cukup sederhana, pilih foto yang ingin diedit lalu pada tab Edit pilih Hapus Latar Belakang. Photoshop dengan cerdas menganalisis foto dan menghapus sebagian latar belakang. Untuk memperhalus penghapusan latar belakang, Anda hanya perlu menyesuaikan hasilnya dengan menggerakkan penggeser.

Kedua, Anda bisa mencoba fungsi pattern fill jika Anda ingin mengisi objek dengan pola tertentu. Misalnya saja mengisi pakaian pada gambar dengan pola kotak-kotak atau garis-garis. Pilih objek yang ingin diisi pola, lalu pada tab Edit, pilih Isi Pola. Photoshop secara otomatis mengisi objek dengan sebuah pola. Anda dapat memilih pola yang berbeda.

Lalu ada fitur Colorize yang berguna untuk mengubah foto hitam putih menjadi berwarna. Untuk melakukannya, pilih foto hitam putih, lalu pilih Warnai pada tab Pengeditan. Photoshop dengan cerdas menganalisis foto dan memberinya warna. Namun, Anda dapat mengatur tingkat saturasinya jika tidak menyukai hasilnya. Inilah tiga fitur AI yang bisa Anda coba di Photoshop. Cara menggunakannya cukup simpel dan mudah bukan? Fitur-fitur tersebut sangat mempercepat proses editing foto tanpa harus khawatir dengan teknik pengolahan yang rumit.

Selain fitur di atas, Photoshop juga menawarkan Neural Filter yang mencakup puluhan efek untuk mengedit foto. Misalnya, efek Colorize menambahkan warna pada foto hitam putih, efek Landscape Blender menggabungkan dua foto lanskap dan banyak lagi. Coba kaji dampaknya satu per satu.

Beginilah cara kecerdasan buatan digunakan di Photoshop. Fungsi kecerdasan buatan memungkinkan Anda mengedit foto dengan lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan teknik pengeditan yang rumit. Cukup klik tombol AI dan selesai. Jadi tunggu apalagi, cobalah fitur-fitur Photoshop AI sekarang dan rasakan kecanggihannya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image