Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Health Tourism di Industri Pariwisata

Edukasi | Saturday, 18 Nov 2023, 11:28 WIB
Lokakarya peninjauan visi misi prodi S-1 Kesehatan Masyarakat UAD berbasis healthy tourism di Grand Rohan Hotel (Dok. Istimewa)

Program studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan lokakarya peninjauan visi misi terkait kesehatan pariwisata (healthy tourism) pada 17 November 2023. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh para pimpinan fakultas beserta dosen-dosen program studi (prodi). Guna menyamakan persepsi, dilakukan juga pembedahan visi misi bersama.

Wisata merupakan aktivitas yang paling disukai oleh masyarakat, baik wisata domestik maupun mancanegara. Namun, tidak sepenuhnya wisatawan terjamin kesehatannya selama berwisata. Hal ini tercermin dari pendemi Covid-19 yang bermula dari transmisi individu dari Cina ke Indonesia. Melalui healthy tourism, diharapkan Prodi S-1 Kesmas bisa berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di tempat wisata maupun pihak yang terlibat pada industri pariwisata.

Prof. dr. I Made Ady Wirawan, M.P.H., Sp.KKLP., Ph.D. yang merupakan guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana didapuk sebagai narasumber. Ia mengungkapkan bahwa dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, prodi bisa mengadopsi kerangka konsep dari travel medicine mengingat cakupan keilmuannya cukup dekat dengan konsentrasi dalam ilmu kesehatan masyarakat. “Perlu adanya perumusan kurikulum khusus untuk mendukung visi misi prodi seperti mata kuliah dasar kesehatan pariwisata, itu yang sudah kami lakukan di kampus,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “Maraknya fenomena sex tourism di beberapa negara sempat menjadi isu yang cukup hangat diperbincangkan karena banyak orang berwisata untuk melakukan hubungan seks. Hal tersebut tentu akan memicu peningkatan kasus HIV/AIDS sehingga perlu dikaji secara mendalam bagaimana healthy tourism-nya,” tutur Ady.

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image