Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Septina

Asuransi Capital Life dan Keunggulannya

Eduaksi | Monday, 03 Jan 2022, 10:36 WIB

Mengenal Asuransi Capital Life dan Keunggulannya

PT Capital Life Indonesia membuat bisnis Asuransi Capital Life yang berfokus pada asuransi jiwa. mereka menawarkan produk asuransi jiwa individu, kumpulan, dan juga Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Apa saja produk yang ditawarkan Capital Life dan manfaatnya bagi masyarakat?

Sekilas Tentang Asuransi Capital Life

Perusahaan b Capital Life atau PT Capital Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi jiwa yang bernaung di bawah PT Capital Financial Indonesia Tbk dan PT Bank Capital Indonesia Tbk. Pemilik Capital Life adalah Antony Japari sebagai Direktur Utama dan Robin Winata sebagai Direktur Bisnis:

Seperti dibahas di atas, perusahaan ini menyediakan produk asuransi jiwa individu, kumpulan, dan dana pensiun. Asuransi individu adalah produk yang diunggulkan oleh Capital Life, yang mana salah satu polisnya bisa memberikan manfaat investasi sekaligus.

Pada awalnya, fokus mereka hanya pada perlindungan jiwa. Namun sejak tahun 2017, mereka pun mulai melebarkan sayap dengan mengeluarkan produk asuransi yang disandingkan dengan investasi (unit link). Sampai Mei 2017, produk baru tersebut telah berkontribusi sekitar 55% dari total pendapatan premi perusahaan.

Secara hukum dan legalitas perusahaan ini terpercaya karena telah terdaftar di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan surat keputusan nomor KEP-32/D.05/2014 tertanggal 5 Mei 2014.

Kredibilitas mereka di industri asuransi pun dibuktikan dengan beberapa penghargaan, seperti menjadi peringkat empat untuk kategori Perusahaan Asuransi Berpremi Bruto Rp 5 Triliun Ke atas dengan predikat SANGAT BAGUS atas Kinerja Keuangan Tahun 2020 yang diberikan oleh INFOBANK INSURANCE AWARD 2021.

Mereka juga memboyong gelar Most Innovative insurance Companies Awards 2021, pada Kategori Asuransi Jiwa oleh Majalah The Economics 2021, lalu Market Leader di ajang Life Insurance 2021 yang diadakan oleh MEDIA ASURANSI INSURANCE MARKET LEADER AWARD 2021. Terakhir mereka juga dapat peringkat pertama Perusahaan Asuransi Terbaik 2021 Kategori Aset diatas Rp5 Triliun – Rp10 Triliun di ajang INVESTOR AWARD (BERITASATU).

Jadi dengan segudang prestasi dan legalitasnya diatas, kamu tidak perlu takut Capital Life bermasalah atau gagal bayar. Perusahaan ini sangat kredibel dan juga diawasi oleh lembaga yang berwenang.

Jenis Asuransi Capital Life

Capital Life insurance membagi layanan mereka menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi capital life ini memberikan manfaat berupa santunan meninggal dunia, cacat tetap dan biaya rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan diri atau penyakit.

2. Asuransi Kumpulan

Asuransi yang diperuntukkan untuk pemakaian bersama, seperti keluarga yang memberikan manfaat berupa santunan meninggal dunia yang disebabkan akibat apapun dengan pemberian Uang Pertanggungan sebesar 100 persen.

3. Asuransi DPLK

Dana Pensiun Lembaga Keuangan alias DPLK capital life ini merupakan Produk dari capital life Indonesia yang dirancang untuk jadi solusi dana pensiun dan perencanaan hari tua bagi para pemberi kerja dan juga karyawan.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Capital Life

Banyak sekali produk dari perusahaan asuransi capital life Indonesia yang bisa dipilih oleh para nasabahnya, berikut adalah penjelasan dari masing-masing produk asuransi Capital Life:

1. Capital Proteksi Link

Produk ini merupakan produk asuransi jiwa yang akan memberikan uang pertanggungan jika terjadi risiko meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan. Nilai uang pertanggungan yang diberikan hingga Rp100 juta.

Ketika masuk akhir masa pertanggungan nilai polis akan tetap diberikan meskipun tertanggung masih hidup. Polis akan berakhir apabila masa kontrak telah jatuh tempo atau setelah klaim dibayarkan.

2. Capital Proteksi Plus

Produk asuransi ini mampu memberikan 150 persen uang pertanggungan (maksimal hingga Rp 2 Miliar) yang tidak akan berubah selama masa kontrak. Pada produk ini saldo investasi akan tetap dibayarkan ketika pemegang polis masih hidup di akhir kontrak.

Apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan akan diberikan uang pertanggungan ditambah saldo investasi. Polis berakhir saat masa kontrak telah jatuh tempo atau setelah klaim dibayarkan.

3. Capital Proteksi Link 3

Produk ini merupakan produk asuransi Capital Life yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia yang diakibatkan sakit atau kecelakaan dengan uang pertanggungan hingga 100 persen ditambah nilai polis.

Uang pertanggungan di produk ini adalah lima kali premi berkala. Pemberian nilai polis juga tetap dilakukan apabila tertanggung masih hidup di akhir masa pertanggungan. Polis berakhir ketika masa kontrak telah jatuh tempo atau klaim telah dibayarkan.

4. Capital Proteksi

Produk ini merupakan produk asuransi jiwa berjangka dari Capital Life yang ditujukan untuk keluarga dengan tawaran berbagai manfaat, diantaranya adalah uang pertanggungan hingga 100 persen ketika tertanggung meninggal dunia.

5. Capital Personal Accident

Produk asuransi ini memberikan jaminan untuk risiko kecelakaan atau kematian. Dengan manfaatnya berupa 100 persen uang pertanggungan dan santunan rawat inap di rumah sakit dengan maksimal 10 persen uang pertanggungan

6. Capital Sakti

Produk Capital Sakti dari asuransi Capital Life dirancang untuk memberikan perlindungan dengan pemberian sejumlah santunan kepada ahli waris sebesar 5 juta ketika tertanggung meninggal dunia secara alami dan sebesar Rp30 juta ketika tertanggung meninggal akibat kecelakaan.

7. Capital Personal Accident Group

Produk ini merupakan asuransi jiwa kumpulan yang mampu mengatasi tiga risiko dengan biaya ringan. Maksimal uang pertanggungan yang ditetapkan adalah Rp500 juta. Manfaat lainnya adalah Santunan kematian akibat kecelakaan sebesar 100 persen uang pertanggungan, santunan cacat tetap akibat kecelakaan senilai 100 persen uang pertanggungan dan juga santunan perawatan rumah sakit akibat kecelakaan sebesar 10 persen uang pertanggungan.

8. Capital Proteksi Group

Produk asuransi ini menjamin perlindungan finansial ketika terjadi risiko meninggal dunia dengan pemberian 100 persen santunan kepada pihak yang ditunjuk.

9. Capital Proteksi Kredit

Produk ini diperuntukkan untuk nasabah dan pemberi kredit apabila debitur mengalami risiko meninggal dunia. Santunan yang diberikan sebesar 100 persen. Setelah santunan dibayarkan pertanggungan akan berakhir.

10. Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP)

Produk untuk dana pensiun, di mana akan diberikannya imbalan pasca kerja yang dibukukan pada rekening perusahaan. Produk ini bertujuan untuk mempertahankan karyawan berkualitas yang dimiliki suatu perusahaan.

Manfaat untuk perusahaan diantaranya:

Dapat menjadi pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25)Menjadi Nilai tambah bagi perusahaan di mata karyawannyaDapat menjadi solusi masalah arus kasManfaat di sisi karyawan:Jaminan usia pensiunMenjadi pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21)Memberikan investasi maksimalMemberikan pengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerja11. Program Pensiun Iuran Paști (PPIP)

PPIP ini adalah Program pensiun dari Capital Life yang besar iurannya ditetapkan dalam peraturan dana pensiun yang hasil pengembangannya dimanfaatkan sebagai dana pensiun.

Manfaat Bagi Perusahaan:Dapat menjadi pengurang pajak penghasilan badan (PPh 25)Menjadi upaya yang baik untuk mempertahankan karyawan berkualitas yang dimiliki perusahaanNilai tambah perusahaan di mata pencari kerjaMerupakan solusi untuk masalah arus kasManfaat bagi karyawan:Menjadi jaminan masa pensiunMenjadi pengurang pajak penghasilan pribadi (PPh 21)Merupakan investasi yang maksimalPengelolaan dana terpisah dari kekayaan pemberi kerjaManfaat Asuransi Capital Life

Jika dirangkum, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi nasabah dari asuransi Capital Life yaitu santunan meninggal dunia, cacat tetap dan biaya rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit untuk nasabah dari produk-produk asuransi jiwa yang mereka miliki.

Lalu untuk produk asuransi kumpulan, manfaat yang bisa didapatkan adalah santunan meninggal dunia akibat apapun dengan pemberian Uang Pertanggungan sebesar 100 persen.

Lalu ada juga program Asuransi DPLK yang merupakan produk yang dirancang sebagai dana pensiunan yang bisa memberikan jaminan masa pensiun yang memberikan keuntungan tidak hanya pada karyawan namun juga untuk pemberi kerja alias perusahaan.

Syarat Mengajukan Asuransi Capital Life

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan asuransi capital life kurang lebih sama dengan asuransi-asuransi dari perusahaan lain. Persyaratan mungkin akan berbeda tergantung dari produk asuransi yang kamu pilih.

Cara Beli Asuransi Capital Life

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk membeli asuransi Capital Life. Kamu bisa mencoba cara praktis dengan membeli asuransi capital life secara online. Atau kamu bisa melakukannya offline dengan langsung membelinya di kantor pusat atau di kantor cabang terdekat.

Untuk cara online, walau belum ada aplikasi yang bisa digunakan secara praktis di smartphone, namun kamu masih bisa membeli asuransi capital life melalui call center Capital Life di nomor (021) 22773898.

Selain itu, kamu juga dapat membeli lewat situs resmi mereka. Jika kamu ingin membeli dengan cara ini, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama kunjungi situs resmi capital life di alamat www.capitallife.co.idSilakan pilih jenis produk yang tersedia, kamu bisa memilih antara asuransi individu, kumpulan, ataupun dplk capital life.Setelah menemukan produk yang cocok untukmu, pilih Beli OnlineSelanjutnya pilih agen asuransi online yang kamu inginkanJika sudah, kamu bisa mengikuti petunjuk yang diberikan nantinyaCara Bayar Premi Asuransi Capital Life

Pembayaran premi Asuransi Capital Life dapat dilakukan sekaligus di awal pembelian premi. Sementara untuk metode pembayaran preminya bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut ini:

Pembayaran dengan Autodebet

Metode pembayaran ini dilakukan dengan mendebet secara langsung uang yang kamu bayarkan untuk premi dari kartu kredit atau debit yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

Pembayaran dengan Virtual Account

Pembayaran menggunakan metode ini dilakukan dengan transfer baik melalui mesin ATM, internet banking, M-banking atau melalui teller di bank dengan menggunakan nomor rekening virtual account perusahaan capital life sebagai tujuan transfer.

Pembayaran dengan Setor tunai

Kamu sebagai nasabah bisa langsung datang ke kantor pusat atau cabang terdekat dan pembayaran premi asuransi langsung dari sana.

Cara Cek Polis Asuransi Capital Life

Kamu dapat mengetahui polis asuransi capital life dengan mudah melalui call center Capital Life di nomor (021) 22773898.

Cara Klaim Asuransi Capital Life

Kamu bisa melakukan klaim asuransi Capital Life secara online maupun offline, berikut penjelasan kedua cara klaim tersebut:

Cara Klaim Asuransi Capital Life Online

Kamu dapat mengunjungi situs resmi perusahaan untuk klaim asuransi capital life secara online. Setelah berada di situs resminya, pilih Klaim Online di halaman utama situs.

Kemudian kamu akan diarahkan ke jendela yang berisi form untuk kamu isi. Lengkapi data yang diminta, mulai dari data diri seperti nama, alamat, telepon, email dan tanggal lahir. Kemudian data terkait asuransi yang kamu miliki dari mulai tipe produk, data diri dan nomor polis. Kamu juga harus mengisi alasan atau penyebab yang membuatmu melakukan klaim.

Jika semua sudah terisi, centang bagian verifikasi kamu bukan robot, lalu klik tombol Kirim. Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses verifikasi data yang dilakukan oleh pihak asuransi. Setelah proses tersebut selesai kamu akan mengetahui apakah klaim yang kamu ajukan disetujui atau tidak.

Cara Klaim di Kantor Pusat Capital Life

Selain melalui online, kamu juga dapat mendatangi langsung kantor pusat atau cabang terdekat untuk melakukan klaim asuransi Capital Life. Namun, pastikan dulu kamu membawa dokumen yang diperlukan sebagai syarat mengajukan klaim.

Salah satu dokumen yang dibutuhkan adalah formulir pengajuan klaim. Formulir tersebut dapat kamu dapatkan dengan mengunduhnya di situs resmi perusahaan capital life (www.capitallife.co.id). Setelah diunduh, print dan isi untuk kamu bawa sebagai salah satu dokumen persyaratan.

Selain formulir, kamu juga harus membawa dokumen lainnya. Beberapa dokumen yang perlu kamu bawa diantaranya adalah polis asli, bukti pembayaran premi terakhir, kartu identitas tertanggung, rekam medis, kronologi kejadian apabila klaim kecelakaan dan surat kematian apabila klaim meninggal dunia. Jika dirasa ada dokumen lainnya yang relevan untuk dijadikan bukti klaim kamu bisa membawanya juga.

Cara Berhenti Asuransi Capital Life

Jika kamu berkeinginan untuk tidak melanjutkan menjadi nasabah asuransi Capital Life, maka kamu bisa segera melaporkan maksudmu tersebut ke pihak perusahaan asuransi terkait. Berikut tahapan secara umum yang harus kamu lakukan untuk menutup polis Asuransi Capital Life.

Pertama adalah menghubungi layanan pelanggan lewat call center atau mendatangi kantor pusat dan cabang untuk menjelaskan alasan penutupan polis. Kemudian isi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis.

Langkah selanjutnya adalah melengkapi persyaratan seperti, formulir penutupan polis, buku polis, kartu identitas, dan persyaratan yang diminta lainnya. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, seperti pajak atau administrasi bila memang masih ada kewajiban yang belum dibayar.

Keunggulan Asuransi Capital Life

Asuransi Capital Life mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah

Beberapa produk disertai dengan keuntungan investasiUang penanggungan yang relatif besarVariasi produk yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhanTerdapat produk jaminan hari tua atau dana pensiunanAdanya layanan asuransi capital life syariah yang dikelola berdasarkan syariahKekurangan Asuransi Capital Life

Adapun beberapa kekurangan asuransi Capital Life adalah sebagai berikut

Hanya ahli Waris dan Keluarga yang dapat menikmati santunan kematianPembayaran Premi relatif lebih mahalTidak mempunyai kejelasan informasi mengenai bentuk investasi

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang asuransi Capital Life. Informasi-informasi di atas dapat menjadi bahan pertimbanganmu untuk menentukan asuransi yang cocok untukmu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image