Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fauziyatul Kubro

Peran Penting Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Sekolah | Friday, 17 Nov 2023, 11:37 WIB

Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengendalian agar bisa mencapai tujuan dari suatu kegiatan. Manajemen sangat diperlukan untuk kebutuhan pribadi maupun kelompok. Manajemen bisa membuat organisasi atau bisnis menjadi lebih berkembang karena dijalankan secara struktural dan prosedural.

Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat adalah proses mengelola komunikasi sekolah dengan masyarakat mulai dari kegiatan perencanaan sampai dengan pengawasan terhadap proses dan hasil kegiatan sekolah.

Hubungan sekolah dengan masyarakat dapat dilakukan dengan cara mengundang masyarakat untuk melihat kegiatan yang diselenggarakan sekolah agar lebih mengenal program-program yang ada di sekolah. Pada kesempatan tersebut kepala sekolah dapat menyampaikan program-program peningkatan kualitas pendidikan dan juga masalah atau hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program-program tersebut.

Hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu sarana yang sangat berperan dalam membina dan mengembangkan pertumbuhan pribadi peserta didik di sekolah. Dalam hal ini sekolah merupakan bagian yang integral dari sistem sosial yang lebih besar, yaitu masyarakat.

Sumber Dokumen Pribadi.

Manajemen Sekolah merupakan suatu bentuk upaya perkembangan sekolah dan lingkungannya untuk mewujudkan sekolah yang mandiri dan efektif melalui optimalisasi peran dan fungsi sekolah sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan bersama.Terdapat empat fungsi manajemen, yaitu :

(1) planning (perencanaan)

(2) organizing (pengorganisasian)

(3) actuating (pelaksanaan)

(4) controlling (pengawasan)

Acara Seminar Education Management in Thailand. Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah Jakarta. (Dokumen Pribadi)

Manajemen masyarakat (humas) adalah proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang didasari oleh organisasi. Proses manajemen biasanya dilakukan oleh seorang ketua atau pemimpin dalam kegiatan humas.

Fungsi manajemen kehumasan untuk mendukung dan memelihara jalur komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara organisasi dengan masyarakat sehingga terwujud hubungan yang harmonis antara sesuatu lembaga dengan masyarakat. Peran masyarakat merupakan salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena masyarakat dapat berperan sebagai sumber, pelaksana, penyelenggara, pengendalian mutu dan pengguna dalam meningkatkan kualitas hasil pendidikan.

Kesimpulan proses manajemen hubungan sekolah dan masyarakat bagian rangkaian tindakan yang melibatkan komunikasi yang efektif, keterlibatan berbagai kepentingan, perencanaan dan implementasi program, evaluasi, penanganan konflik, serta partisipasi dalam pengambilan keputusan. Dengan mengikuti proses ini dengan baik, sekolah dapat membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendukung perkembangan siswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image