Teleskop NASA yang Diluncurkan dengan Balon Kehilangan Komunikasi dengan Bumi, Begini Penjelasannya

Teknologi | Wednesday, 15 Nov 2023, 10:31 WIB
Balon SuperBIT (Space/SSDarindo)

Teleskop NASA yang diluncurkan dengan balon seukuran stadion sepak bola pada awal tahun ini kehilangan komunikasi dengan Bumi dan mengalami kerusakan saat mendarat di Argentina pada bulan Juni.

Untungnya, data yang telah dikumpulkannya - gambar gugus galaksi yang menakjubkan sebesar 200 gigabyte yang diambil saat mengambang di ketinggian 100.000 kaki (30.000 meter) di atas permukaan Bumi - telah disalin ke drive SD kuno dan diterjunkan dengan parasut ke bumi dengan aman, menunjukkan bahwa data sains yang berharga dapat diselamatkan bahkan dalam "skenario terburuk", demikian laporan para ilmuwan pada Selasa (14/11).

Observatorium yang diterbangkan dengan balon senilai 10 juta dolar AS, yang dikenal sebagai Super Pressure Balloon Imaging Telescope (SuperBIT), dirancang untuk memberikan para astronom dalam mengamati benda-benda angkasa yang terjangkau. Tujuan utamanya adalah untuk membantu memetakan materi gelap di sekitar gugus galaksi, terutama dengan mengukur bagaimana objek-objek langit melengkungkan ruang dan waktu di sekelilingnya.

Dilansir dari laman Space, setelah lepas landas pada bulan April dari Bandara Wānaka di Selandia Baru, SuperBIT mengitari Bumi sebanyak lima kali untuk memotret target-target gugus galaksi pada panjang gelombang cahaya tampak dan ultraviolet dekat. Targetnya termasuk daerah pembentuk bintang di Nebula Tarantula yang berjarak 161.000 tahun cahaya dari Bumi, dua galaksi Antena yang bertabrakan sejauh 60 juta tahun cahaya, dan galaksi spiral Pinwheel.

Misi SuperBIT yang direncanakan selama 100 hari dipersingkat menjadi 40 hari karena "prediksi angin yang bertentangan," pada saat itu teleskop kembali ke tempat pendaratan yang ditargetkan, sebuah bukit terpencil di Argentina. Namun, saat mendarat, parasut gagal melepaskan diri dari muatannya setelah terjadi kerusakan peralatan, sehingga menyeret teleskop melintasi medan yang berat sejauh beberapa kilometer sementara angin kencang berhembus di atas kepala.

"Teleskop kami sampai pada titik di mana ia benar-benar hancur, dan kami kehilangan komunikasi bandwidth tinggi," kata Ellen Sirks dari University of Sydney, sebagaimana dilansir dari jurnal Aerospace.

Biasanya, data yang dikumpulkan oleh teleskop yang diterbangkan oleh balon seperti SuperBIT diunduh menggunakan satelit, tetapi pengunduhan yang cepat membutuhkan komunikasi line-of-sight, sesuatu yang tidak selalu memungkinkan.

"Dalam kasus ini, kami mendapatkan begitu banyak data per malam sehingga akan sangat lambat dan mahal untuk mengambil data ini di tengah penerbangan," kata Sirks. "Saat ini, cara yang paling efisien bagi kami untuk mengunduh data adalah dengan menyalinnya ke dalam drive SD dan menjatuhkannya ke Bumi, yang agak gila, tetapi bekerja dengan baik."

Jadi, ia dan rekan-rekannya dari Australia, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Taiwan mengembangkan "paket pemulihan" yang terdiri dari komputer kecil dengan kartu SD untuk menyimpan data, sambungan satelit buatan sendiri untuk komunikasi dengan teleskop, dan parasut yang dibungkus dengan kantung pemanggang ayam yang kedap air.

Mengambil paket pemulihan SuperBIT dari pedesaan Argentina merupakan sebuah misi tersendiri dan melibatkan bantuan dari polisi setempat, kata para ilmuwan yang terlibat dalam misi tersebut.

"Awalnya kami tidak bisa menemukannya, dan ketika kami menemukannya, ada jejak puma di salju di dekatnya," kata Sirks.

Meskipun Sirks dan timnya telah mengembangkan sistem ini selama sekitar lima tahun, misi baru-baru ini menandai pertama kalinya mereka mengujinya dalam konfigurasi finalnya. Tidak hanya berhasil, Sirks mengatakan, "sistem ini sangat penting bagi keberhasilan misi."

"Sudah sampai pada titik, bahwa NASA ingin mulai memproduksi paket-paket ini untuk misi sains lainnya juga, jadi ini benar-benar tes terakhir kami untuk menunjukkan bahwa sistem ini bekerja." ***