Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Memperingati Hari Pahlawan, Penampilan Teatrikal Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Sejarah | Tuesday, 14 Nov 2023, 05:47 WIB
Penampilan Teatrikal Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Setiap 10 November, negara kita tercinta memperingati Hari Pahlawan. 10 November juga dikenal sebagai Pertempuran Surabaya dan tercatat sebagai salah satu peristiwa penting dalam sejarah Republik Indonesia (RI), karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan.

Dalam kegiatan peringatan Hari Pahlawan ini, siswa SMP Al-Hikmah Boarding School Batu menampilkan berbagai penampilan. Seperti puisi, drama dan video pendek yang berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.

Dalam penampilan drama/teatrikal, siswa mengangkat tema tentang perjuangan para pahlawan dalam mencari dukungan bangsa lain untuk pengakuan kemerdekaan Indonesia. Dimana pada saat itu yang termasuk awal mengakui adalah Palestina. Kemudian drama dilanjutkan dengan hubungan diplomatis yang baik antara Indonesia dan Palestina hingga saat ini. Dan ketika Palestina sedang dijajah oleh Zionis Israel, maka dukungan terus menerus dilakukan oleh Indonesia untuk kebebasan Palestina dari penjajahan.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh siswa dapat mengambil pelajaran penting tentang perjuangan pahlawan dulu dalam memperjuangkan kemerdeaan Indonesia, serta pelajaran untuk saling membantu terhadap negara lain yang sedang mengalami penjajahan. Hal ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image