Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Sebentar, Ubi dan Ubi Jalar Berbeda Ya?

Kuliner | Monday, 13 Nov 2023, 17:15 WIB
Ubi (The Pioner Woman/SSDarindo)

Kita semua mungkin pernah mengalami situasi begini berdiri di pasar swalayan sambil bertanya-tanya, apakah yang terbungkus itu ubi atau ubi jalar? Jika Anda mengira ubi dan ubi jalar adalah hal yang sama, pikirkan lagi.

Menurut laman The Pioner Woman, selama bertahun-tahun, toko-toko kelontong telah salah memberi label ubi jalar dan ubi manis, dan menggunakan nama-nama tersebut secara bergantian. Namun, ternyata, kedua umbi-umbian ini sebenarnya tidak berhubungan sama sekali.

Ubi jalar

Ubi jalar adalah umbi akar yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ubi jalar memiliki beberapa jenis dan berwarna oranye, ungu, atau bahkan putih.

Jenis ubi jalar yang paling umum memiliki daging berwarna oranye terang dengan kulit coklat kemerahan yang halus. Ubi jalar cukup umum di Amerika Serikat, dan digunakan dalam berbagai olahan manis dan gurih seperti casserole ubi jalar dengan marshmallow, kentang goreng ubi jalar dengan penggorengan, kari daging sapi dengan mie ubi jalar, dan sweet soul taters (casserole ubi jalar yang lezat dengan taburan gula merah dan kacang kemiri).

Ubi

Meskipun ubi juga merupakan umbi-umbian, ubi tidak sama dengan ubi jalar. Faktanya, keduanya jauh lebih berbeda dari yang Anda bayangkan. Berasal dari beberapa bagian Asia, Afrika, dan Karibia, ubi memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan varietas.

Banyak varietas yang populer berbentuk silinder dan memiliki daging berwarna putih dengan kulit coklat tua yang tampak seperti kulit kayu. Tapi rasanya adalah yang paling mengejutkan. Lebih kering dan tidak terlalu lembut dibandingkan ubi jalar, ubi hampir tidak manis.

Ubi memiliki rasa yang lebih bersahaja dan netral. Faktanya, daging ubi, baik dalam tekstur dan rasa, lebih mirip dengan kentang russet daripada ubi jalar. Ubi juga dapat tumbuh lebih besar dari ubi jalar - panjangnya bisa mencapai lebih dari lima kaki dan beratnya bisa mencapai 100 kilogram. Seperti ubi jalar, ubi jalar paling baik disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Perbedaan antara ubi dan ubi jalar

Setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang ubi dan ubi jalar, Anda akan mengetahui bahwa keduanya adalah dua umbi-umbian yang berbeda. Keduanya terlihat berbeda, rasanya berbeda, dan tumbuhnya juga berbeda.

Ubi jalar (The Pioner Woman/SSDarindo)

Keduanya mungkin memiliki lebih banyak perbedaan daripada kesamaan. Meskipun ubi dan ubi jalar adalah umbi-umbian, rasa masing-masing sangat unik. Ubi yang berdaging oranye cenderung lebih manis dan bertekstur lembut dibandingkan dengan ubi jalar yang memiliki daging putih yang lebih bertepung dan lebih mirip dengan kentang putih.

Jika Anda dapat menemukan ubi jalar asli di supermarket, ubi jalar dapat diolah seperti resep kentang favorit Anda-direbus, dipanggang, dibakar, atau digoreng. Tetapi jika Anda menginginkan resep manisan yang manis, Anda mungkin ingin tetap menggunakan ubi.

Ubi lebih sehat daripada ubi jalar?

Ubi dan ubi jalar sama-sama bernutrisi, meskipun keduanya merupakan umbi-umbian yang berbeda. Keduanya baik untuk dimakan sebagai bagian dari diet sehat dan tidak ada yang secara khusus lebih unggul secara nutrisi dari yang lain. Meski begitu, ubi jalar mengandung lebih banyak vitamin C, vitamin A, serat, dan protein. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image