Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lia Oktavia

Mengapa Jurusan Manajemen Banyak Diminati?

Eduaksi | Friday, 10 Nov 2023, 11:51 WIB

Seperti yang kita ketahui banyak sekali jurusan yang menarik di setiap perguruan tinggi. Sehingga, terkadang membuat kita bingung memilihnya, salah satunya adalah jurusan Manajemen.Jurusan ini sangat diminati banyak orang. Apalagi jurusan ini menjadi incaran anak IPS sewaktu SMA. Namun kenyataannya, tidak hanya anak IPS saja bahkan anak IPA pun banyak yang berminat untuk masuk jurusan tersebut.

Manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati di perguruan tinggi. Karena jurusan ini membuka banyak kesempatan karir di berbagai bidang, mulai dari manajemen bisnis hingga manajemen organisasi. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan dipersiapkan agar mampu memanajemen atau mengelola suatu bisnis, baik yang sudah berjalan maupun yang baru akan dijalankan.Kecakapan pengelolaan atau manajerial tersebut nantinya secara lebih spesifik diarahkan pada bidang pemasaran, bisnis, produksi, dan operasional. Spesifikasi atau konsentrasi Manajemen tersebut ditujukan agar alumni Jurusan Manajemen memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya.

Hampir setiap universitas di Indonesia memiliki jurusan Manajemen, faktor inilah yang menyebabkan tingginya jumlah mahasiswa Manajemen. Selain ketersedian jurusan, prospek kerja yang cukup luas juga menjadi alasan tingginya peminat jurusan Manajemen.

Dengan gelar Sarjana Ekonomi (S.E), lulusan Manajemen dibutuhkan dibeberapa perushaan dan instansi dengan posisi utama sesuai 4 konsentrasi yang menjadi concern utama Manajemen seperti divisi Pemasaran, Human Resource Development (HRD), Keuangan, dan Operasional.

Berdasarkan laporan Statistik Pendidikan Tinggi, ilmu manajemen merupakan program studi (prodi) dengan jumlah mahasiswa terbanyak pada 2020. Ada 956.563 mahasiswa yang mengambil prodi tersebut pada jenjang sarjana (S1).

Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa Jurusan Manajemen banyak diminati:

1. Banyak peluang kerja atau karir

Mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan dipersiapkan agar mampu memanajemen atau mengelola suatu bisnis, baik yang sudah berjalan maupun yang baru akan dijalankan.Dengan gelar Sarjana Ekonomi (S.E), lulusan Manajemen dibutuhkan dibeberapa perushaan dan instansi dengan posisi utama sesuai 4 konsentrasi yang menjadi concern utama Manajemen seperti divisi Pemasaran, Human Resource Development (HRD), Keuangan, dan Operasional.

2. Relevan dengan dunia kerja

Jurusan manajemen sangat relevan dengan dunia kerja. Karena, suatu bisnis maupun organisasi tentu saja membutuhkan manajer atau orang yang mampu mengatur dan mengelola sumber daya dan mampu memimpin tim dengan efektif. Maka dari itu, lulusan jurusan Manajemen sangat dibutuhkan diberbagai sektor industri.

3. Cocok bagi yang ingin berwirausaha

Jika kita memiliki passion dibidang usaha, maka di jurusan manajemen kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kemampuan untuk berwirausaha.

Seperti analisis atau riset pasar, loyalitas pelanggan, strategi dalam berbisnis dan lain sebagainya.

Itulah mengapa jurusan Manajemen cukup diminati dan menjadi jurusan dengan jumlah mahasiswa terbanyak di setiap kampus.Selain itu, jurusan Manajemen terus mengikuti perkembangan yang ada sehingga akan ada banyak inovasi-inovasi yang dipelajari oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image