Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Manfaat Menjaga Kebersihan Air dan Sanitasi

Edukasi | Thursday, 09 Nov 2023, 11:21 WIB
https://www.hanatfutuh.com/2022/09/sanitasi-adalah-kebutuhan-bersama.html?m=1

Beta Ceria Tamariska

Mahasiswa Fakultas Keperawatan

Universitas Airlangga

Manfaat Menjaga Kebersihan Air dan Sanitasi

Sebelum itu apakah ada yang tahu apa itu air bersih dan sanitasi? Menurut Permenkes RI No. 416/Menkes/PER/IX/1990 air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dapat diminum setelah dimasak, sedangkan sanitasi menurut Ehler’s & Steel (1958) dalam Nyoman Sukana Sabudi (1996 : 4) adalah usaha-usaha pengawasan yang ditunjukkan terhadap faktor faktor lingkungan yang dapat merupakan mata rantai penularan penyakit. Menurut WHO adalah suatu usaha yang mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia, terutama terhadap hal-hal yang mempunyai efek merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

Kita akan membahas terlebih dahulu dampak dari tidak diterapkannya kebersihan air dan sanitasi. Air yang tercemar dapat membawa penyakit menular dengan peran antara lain : 1) air sebagai media untuk hidup mikroba pathogen; 2) air sebagai sarang insekta penyebar penyakit; 3) jumlah air yang tersedia tak cukup, sehingga manusia bersangkutan tak dapat membersihkan diri; 4) air sebagai media untuk hidup vector penyakit. Ada beberapa penyakit yang masuk dalam katagori water-borne diseases, atau penyakit-penyakit yang dibawa oleh air, yang masih banyak terdapat di daerah-daerah. Penyakit-penyakit ini dapat menyebar bila mikroba penyebabnya dapat masuk ke dalam sumber air yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan jenis mikroba yang dapat menyebar lewat air antara lain, bakteri, protozoa dan metazoa. Sanitasi yang buruk diyakini menjadi penyebab utama dalam kasus kematian. Diare menjadi penyebab utama tingginya angka kematian ini, tetapi sebagian besar kasusnya bisa dicegah. Air yang lebih baik, sanitasi, dan kebersihan dapat menekan angka kematian 297 ribu anak berusia di bawah 5 tahun setiap tahunnya. Sanitasi yang buruk memicu terjadinya banyak penyakit yang mudah menyerang tubuh. Selain dari penyakit diare, sanitasi yang kurang baik juga rentan menyebabkan penyakit kolera, infeksi pernapasan akut, schistosomiasis dan demam tifoid.

Nah, berikut merupakan manfaat dari pentingnya menjaga air bersih dan sanitasi bagi kesehatan antara lain :

- Menjaga Keseimbangan Elektrolit Tubuh dan Mencegah Dehidrasi

- Membantu Detoksifikasi Tubuh

- Mencegah Stunting

- Mencegah Diare

- Menjaga Kebersihan dan Kelembaban Kulit

Oleh karena itu untuk menurunkan tingkat stunting di Indonesia, dapat dilakukan tindakan menjaga kebersihan air dan sanitasi yang dimulai sejak dini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image