Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Ghifari Al Mashir

Pengaruh dari Perkembangan Teknologi Internet of Things (IoT)

Teknologi | Tuesday, 07 Nov 2023, 20:52 WIB
Sumber : DotMagazine

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era sekarang inni membuat manusia semakin mudah dalam melakukan sesuatu dalam kesehariannya. dengan adanya perkembangan teknologi yang dapat memudahkan dalam melakukan sesauatu pasti sangat disukai atau diminati oleh semua manusia. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya perkembangan teknologi seperti AI atau Artificial intelegence , selain dari teknologi AI, ada perkembangan tekknologi lain yag membuat manusia menjadi mmudah dalam melakukan kesahariannya dan teknologi ini semmakin populer pada era digital saat ini yaitu adalah Internet Of Things atau IoT.

Iot adalah teknologi yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dan berbagi data melalui internet atau tanpa adanya campur tangan manusia secara langsung. Konsep ini memungkinkan berbagai macam perangkat untuk saling bertukar data ataupun informasi secara otomatis. Dengan adanya IoT, perangkat dapat bekerja secara otomatis dan mengoptimalkan kinerja mereka sendiri, sehingga dapat menghemet waktu, biaya dan energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. IoT juga memungkinkan pengguna dapat mengontrol atau mengendalikan perangakat-perangkat yang terhubung kedalam jaringan internet dari jarak jauh sehingga dapat mengefisiensikan dan mengefektifkan pekerjaan sehari-hari.

Namun dengan adanya perkembangan teknologi seperti AI pasti ada dampak positif dan negative bagi manusia, dampak positif dari kemajuan teknologi AI ini adalah yang paling sering kita temukan adalah dalam bidang rumah tangga, koneksi antara perangkat-perangkat rumah tangga yang sudah terhubung melalui jaringan internet kita bisa mengendalikannya secara jarak jauh Hal ini tentunya memudahkan kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dalam dunia industri, IoT juga memberikan dampak yang besar. Koneksi antara mesin-mesin produksi memungkinkan produksi menjadi lebih efisien dan efektif. Data yang diperoleh dari perangkat dapat diolah dan dianalisis untuk meningkatkan kualitas produk serta mengurangi biaya produksi.

Namun, dampak dari IoT tidak hanya positif. Salah satu masalah yang sering muncul adalah mengenai keamanan data. Dengan adanya koneksi yang terus-menerus antara perangkat, risiko kebocoran data menjadi semakin besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan keamanan data dengan mengimplementasikan protokol keamanan yang lebih ketat. Selain itu, IoT juga dapat memengaruhi kesehatan manusia. Perangkat yang terus-menerus terhubung ke internet dapat meningkatkan paparan radiasi elektromagnetik yang dapat berdampak negatif pada tubuh manusia. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak dari paparan radiasi elektromagnetik pada tubuh manusia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image