Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdurrahman Al Fadhil

Resensi Mustolahul Wa Takhrij Al Hadits

Agama | Sunday, 05 Nov 2023, 11:23 WIB
Sumber: foto pribadi

IDENTITAS BUKU Judul: Mustholah Wa Takhrij Al Hadits Penulis: Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A KH. Abdul Syukur, M.A Penerbit: Jejak Pustaka Tebal Halaman: 245 Halaman Ukuran Buku: 14 × 21 Cm ISBN: 978-623-183-483-6 Buku ini membahas di dalamnya 7 pelajaran dan ditambah dengan membahas ilmu takhrij. Pelajaran pertama yaitu membahas pembagian hadits dari segi kedatangan. Mencakup di dalamnya hadits mutawatir, hadits ahad dan bagian-bagiannya.

Pelajaran kedua membahas tentang Pembagian Hadits dari Kualitas Sanad. Mencakup Hadits maqbul yang terbagi menjadi Hadits Shahih dan Hadits Hasan. Pelajaran ketiga dan keempat membahas tentang Hadits Mardud yaitu hadits yang tertolak, tertolak karena sifat tercela dalam diri perawi dan tertolak sebab terputusnya sanad. Pelajaran kelima membahas Hadits Munkar, Hadits Mu’allal, Hadits Mudraj, Hadits Mutdhtarib, Hadits Maqlub, Dan terakhir Hadits Syadz. Pelajaran keenam membahas Hadits yang ditinjau dari segi akhir sanad, mencakup Hadits Marfu’, Hadits Musnad, Hadits Mauquf, dan Hadits Maqtu’.

Pelajaran ketujuh membahas Hadits yang ditinjau Dari Jumlah Perawi dan pelajaran yang kedelapan membahas Hadits Dari Segi Jalur Penukilan Dan Periwayatannya. Kemudian buku ini juga membahas mengenai Ilmu Takhrij. Ilmu Takhrij adalah petunjuk pada tempat hadits setelah diadakan pembahasan, penyelidikan, pemeriksaan dalam sumber yang asli menurut para Imam Hadits yang meriwayatkan hadits dengan sanad yang sampai kepada penyusun kitab, kemudian menjelaskan derajat hadits tersebut.

KELEBIHAN BUKU

Buku ini menggunakan bahasa indonesia yang sangat mudah dipahami serta didalamnya juga terdapat contoh-contoh hadits yang sesuai dengan tema hadits tersebut. Penulis juga menjelaskan dengan rinci mengenai penjelasan dan pembagian hadits. Desain buku ini juga sangat menarik yang membuat orang-orang tertarik dan penasaran tentang isi buku tersebut. KEKURANGAN BUKU Penulis tidak menggunakan ketikan arab dalam menuliskan contoh hadits dan hanya menyebutkan setengahnya saja. PENUTUP Saya selaku penulis resensi buku ini menyarankan kepada para pembaca untuk menggunakan buku mustholah yang berbahasa arab juga untuk diketahuinya contoh-contoh hadits yang lebih lengkap mengingat buku ini adalah buku terjemahan Bahasa Indonesia-nya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image