Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lisa Selina Pranoto

Pramuka Saka Bahari Gelar Latihan Rutin di Pos TNI AL Logending

Info Terkini | Saturday, 04 Nov 2023, 14:16 WIB
Kegiatan Latihan Penggunaan Peluit Bahari di Pos TNI AL Logending

Pramuka Satuan Karya (Saka) Bahari pangkalan SMK Karya Mandiri Nusawungu menggelar latihan rutin pada Sabtu (4/11/2023) di Pos Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Logending. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa sekolah sekitar seperti SMK Ristek Rowokele, SMK Negeri 1 Nusawungu, dan pangkalan itu sendiri. Latihan rutin ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan kebaharian. Kegiatan kali ini diisi dengan latihan penggunaan peluit bahari sebagai salah satu pemberi informasi sinyal pemberitahuan.

Pimpinan SAKA Bahari pangkalan tersebut, Rudi menjelaskan latihan rutin kali ini mengusung materi peluit bahari. Hal ini di lakukan untuk memberikan pengetahuan kepada anggota pramuka bahari tentang jenis sinyal pemberitahuan yang digunakan oleh anggota TNI AL sebutnya.

“Latihan rutin kali ini mengambil materi peluit bahari, dengan harapan anggota pramuka Bahari bisa tau sinyal darurat atau pemberitahuan seperti waktu yang biasa di gunakan oleh anggota TNI Al,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan latihan seperti ini menjadi salah satu cara menumbuhkan bibit penerus melalui pelatihan budaya yang ada di satuan TNI AL.

“Manfaat latihan rutin seperti ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat adik-adik agar terus belajar dan mengetahui budaya yang ada di satuan TNI AL, sehingga mereka akan tertarik bergabung dalam satuan tersebut,” ungkapnya.

Seorang TNI AL, Wahid menyampaikan selama latihan rutin adik-adik sangat antusias ketika mendapat materi cara menggunakan peluit bahari jelasnya.

“Latihan kali ini adik-adik pramuka sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan, terlebih saat materi peluit bahari, mereka tidak sabar ingin mencoba menggunakan peluitnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa pramuka Saka Bahari menjadi salah satu cara untuk melakukan pendidikan militer kepada generasi penerus bangsa dengan cara pengenalan kebiasaan dan pengetahuan yang ada di militer, pungkasnya. lsn

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image