Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Setiawan

Pemkab Pandeglang Launching Aplikasi Sistem Informasi Data Pangan

Teknologi | Saturday, 04 Nov 2023, 02:58 WIB
Foto screenshot aplikasi SIDAPANG

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Data Pangan (SIDAPANG) Kabupaten Pandeglang, Kamis 2 November 2023.

Launching aplikasi SIDAPANG yang berfungsi menyediakan data pangan ini dilakukan oleh Bupati Pandeglang H. Irna Narulita, SE., MM bersama-sama dengan Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementan RI Dr. Ir. Sudi Mardianto, M.Si. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Dr. Ir. H. Agus M. Tauchid, M.Si, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Dr. Imaduddin Sahabat, serta Dr. Nasir, SP., MBA., MP selaku penggagas aplikasi SIDAPANG.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE., MM mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi dengan kehadiran aplikasi Sistem Digitalisasi Data Pangan Kabupaten Pandeglang ini.

Hal itu karena sebagai daerah dengan sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian, Kabupaten Pandeglang memerlukan data komoditas pertanian yang dapat dijadikan dasar dalam pengembangan serta arah pengambilan kebijakan.

“Melalui aplikasi SIDAPANG berbagai tantangan yang kita hadapi akan dengan mudah kita selesaikan,” ujar Irna.

Ia mengatakan, aplikasi SIDAPANG bukan hanya sebuah sistem penghimpunan data, namun juga sebuah alur proses yang menggambarkan bagaimana komoditas pertanian di Kabupaten Pandeglang tersebar dan memenuhi kebutuhan masyarakat Pandeglang dan luar daerah.

“Semoga langkah besar ini mampu membawa Kabupaten Pandeglang semakin terdepan sebagai daerah sentra Pertanian di Indonesia.” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP mengatakan, dalam menjamin ketersediaan pangan, ketersediaan data yang lengkap dan akurat merupakan komponen penting.

Hal ini berhubungan langsung dangan mekanisme penyediaan kebutuhan pangan agar sesuai dengan angka nilai konsumsi di masyarakat.

Selain itu data pangan juga berhubungan dengan alur distribusi dan tingkat harga ditiap tingkatan rantai pasok.

Guna memastikan hal tersebut, maka Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menghadirkan sebuah inovasi berupa Sistem Data Pangan SIDAPANG yang mampu memberikan data pangan secara akurat, real time, up to date, dan valid.

Sehingga mampu memperlancar proses distribusi pangan dan secara langsung akan memastikan ketersediaan pangan di masyarakat dan peningkatan kegiatan ekonomi bagi petani.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image