Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Petro Sync

API 936: Terobosan Baru di Dunia Refraktori?

Teknologi | Friday, 03 Nov 2023, 13:47 WIB
API 936 sebagai standar penting dalam industri minyak dan gas. (Credit: Freepik.com)

Dalam bidang minyak dan gas, API 936 adalah suatu dokumen penting yang memberikan panduan berharga bagi para profesional utamanya inspektur refraktori.

Apa Itu API 936?

API 936, yang juga dikenal sebagai "Refractory Installation Quality Control - Inspection and Testing of Monolithic Refractory Linings and Materials," adalah sejumlah peraturan yang dibuat dan diterbitkan oleh American Petroleum Institute. Aturan ini memberikan instruksi untuk memastikan kualitas lapisan tahan api monolitik selama pemasangan dan dapat digunakan bersamaan sesuai dengan peraturan dari pemilik refraktori.

Bahan, peralatan, personil pengawas, dan kualitas refraktori juga diinggung dalam standar API 936. Lebih jauh, peran dan tugas personil inspeksi yang mengawasi proses pengendalian kualitas juga dijelaskan secara menyeluruh. API 936 pertama kali diterbitkan pada tahun 1996, dan edisi ke-empat terbaru diterbitkan pada Juni 2014

Apa Itu Sertifikasi API 936?

Sertifikasi API 936 adalah suatu standar yang menetapkan bagaimana kualitas para inspektor refraktori. Dalam proses mendapatkan API 936, mereka perlu memahami cara memasang, memeriksa, menguji, dan memperbaiki lapisan tahan api.

Sertifikasi API 936 memastikan bahwa industri memiliki orang-orang yang terlatih dengan baik siap untuk tugas tersebut dan dengan mudah mengakui mereka yang mampu melakukan pekerjaan. Bagi para insinyur, dianjurkan untuk mengikuti API 936 training sebelum mengambil sertifikasi.

Apa Pentingnya API 936?

API 936 berfungsi sebagai panduan untuk memastikan pemasangan lapisan bahan tahan api dalam berbagai peralatan suhu tinggi secara tepat. Peralatan bersuhu tinggi ini termasuk pemanas, tungku, dan boiler. Hal ini penting diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kehandalan proses industri.

Selain itu, API 936 juga memberikan pedoman penting bagi para profesional ketika bekerja dengan bahan bersuhu tinggi. Dengan standar ketat dan terstruktur, keselamatan dan efisiensi saat membangun dan merawat peralatan seperti tungku dan boiler akan mudah dicapai.

API 936 Sebagai Wujud Keselamatan

API 936 memberikan petunjuk jelas tentang cara memilih, memeriksa, dan memasang bahan tahan api dengan benar. Dengan mengikuti pedoman ini, perusahaan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan bahwa peralatan beroperasi dengan aman, melindungi baik orang maupun aset.

API 936 Menjaga Standar Kualitas

API 936 membantu perusahaan memperpanjang umur peralatan mereka dan menghindari kerusakan yang beresiko. Selain itu, sertifikasi API 936 memastikan bahwa para profesional yang menangani proyek-proyek ini terlatih dengan baik dan kompeten.

Secara keseluruhan, API 936 adalah alat penting yang mendorong keselamatan, kualitas, dan keahlian dalam dunia yang menantang dari proses industri suhu tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image