Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zainal Arifin

Resensi Buku Mushtholah wa Takhrij al-Hadits

Agama | Thursday, 02 Nov 2023, 19:20 WIB

IDENTITAS BUKU

Wajah cover Buku Mushtholah wa Talhrij al-Hadits Sumber : Dokumen pribadi

· Judul Buku : Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits

· Penulis : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A

· Penerbit : Jejak Pustaka

· Cetakan : Agustus 2023

· ISBN : 978-623-183-483-6

· Tebal Halaman : 245 halaman

· Lebar : 14 cm

· Panjang : 21 cm

SINOPSIS BUKU

Kitab ini membahas tentang Ilmu Mushtholah Al-Hadits, suatu Syarah atau tafsir ulang terhadap sebuah teks berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Mustalah al-Hadits, Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf Ala Kutub al-Hadits dalam kitab al-jadawil al-jamiah fi al-ulum an nafiah. Artikel asli disusun oleh Dr. Jasim bin Muhammad bin Muhalhal al Yasin dan beberapa muridnya yang terpilih untuk membantu dalam penulisannya.

ISI RESENSI

Buku Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits adalah sebuah buku karangan Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A secara sederhana dan gamblang. Buku ini membahas terkait ilmu Mushtholah al-Hadist wa Tahkrij al-Hadist yang dipergunakan untuk mengetahui pembahasan hadits dari segi aspek dirayah.

Mempelajari ilmu hadist itu sangat penting dan sangat dibutuhkan di masa kini. Dengan mempelajari Mushtholah al-Hadits, seorang muslim khususnya para mahasiswa atau para akademisi di perguruan Tinggi Islam bisa memperoleh pengetahuan dan dapat menilai sebuah Hadist apakah perbuatan tersebut memang bersumber langsung dari Sunnah Nabi atau bukan. Pada masa kini, informasi sudah tidak lagi sulit untuk diakses dan dikembangkan, yang menjadikan kita harus lebih teliti dan berhati-hati dalam memilah suatu hadist supaya kita tidak termakan dengan berita yang salah/tidak benar.

Buku ini termasuk buku Hadits yang lengkap penjelasan dan penjabarannya, mulai dari pengertian atau definisi lalu buku ini menyajikan beberapa contoh dan gambaran yang sesuai dengan klasifikasi yang ada di dalamnya. konsep penyajian buku ini termasuk ringkas sehingga si pembaca tidak merasa bosan ketika membacanya. Oleh karena itu, buku ini sangat layak untuk dibaca untuk para mahasiswa khususnya yang ingin mempelajari dan mendalami Ilmu Hadits.

KELEBIHAN BUKU

Buku ini sangat cocok untuk para mahasiswa terkhusus yang ingin mendalami dan memahami secara lanjut terkait ilmu Hadits. Penulis menyusun buku ini secara sistematis dengan membaginya kedalam beberapa bab, susunan dan penulisannya juga memuat sistem kepenulisan suatu kitab yang secara ringkas memaparkan isi-isi penting terkait ilmu Hadits, sehingga kita bisa mengetahui ciri khas yang berbeda dari sebuah kitab dan dapat membandingkan kitab tersbut dengan kitab lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image