Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yessi Rachmawati

Lomba Duta Literasi dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa di SDN Kapasan III/145 Surabaya

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 02 Nov 2023, 17:01 WIB
Lomba Duta Literasi SDN Kapasan III/145 Surabaya
Lomba Duta Literasi SDN Kapasan III/145 Surabaya

Surabaya, 2 November 2023 – Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kebijakan Merdeka Belajar oleh Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester, untuk menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran guna menjadi solusi pada suatu permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Kampus Mengajar di buka sebagai program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus dengan konversi 20 SKS. Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Yessi Rachmawati merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil lolos Program MBKM Kampus Mengajar angkatan 6 dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Administrasi Bisnis. Melalui kegiatan Kampus Mengajar ini ia mendapat tempat penugasan di SDN Kapasan III/145 Surabaya yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2023 – 1 Desember 2023, di bawah bimbingan Ibu Nining Haerunnisa, M.Pd. selaku Guru Pamong dan Bapak Novan Andrianto, S.I.Kom., M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Disini ia bertugas bersama dengan rekan lainnya yang bernama Aprillia Tri Wahyuni Prodi Administrasi Negara dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Chanesya Farah Kaharani Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Universitas Nahdlatul Ulama, Elia Kristina Utami Prodi Pendidikan Matematika dari Universitas Dr. Soetomo, dan Gaby Styfany Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Surabaya.

Program lomba duta literasi merupakan strategi untuk mendukung terwujudnya budaya gemar membaca siswa di SDN Kapasan III/145 Surabaya, terutama dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa melalui budaya literasi sehingga tercipta lulusan peserta didik dengan masa depan yang berpengetahuan, inovatif, kreatif, dan produktif. Pemilihan duta literasi dianggap mampu memberikan motivasi bagi siswa untuk meningkatkan minat baca dengan memanfaatkan buku yang ada di Perpustakaan Sekolah.

Program lomba duta literasi ini didasari karena pentingnya penerapan budaya literasi untuk peserta didik memperoleh pengetahuan dan harus dikuasainya sejak dini agar dapat membiasakan budaya membaca. Membaca sebenarnya merupakan kegiatan yang cukup mudah dan ringan akan tetapi pada kenyataannya jarang sekali dilakukan oleh banyak siswa. Dengan keberadaan Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN Kapasan III/145 Surabaya diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta didik.

Pelaksanaan program kerja lomba duta literasi dilakukan selama hampir 1 bulan, kegiatan ini bersifat conditional karena menyesuaikan dengan jadwal ditiap kelas agar tidak mengganggu saat pembelajaran berlangsung. Lomba duta literasi ini dibagi menjadi 2 kategori yakni kelas bawah (1, 2, 3) dan kelas atas (4, 5, 6) hal ini untuk menyesuaikan pemberian buku cerita sesuai dengan jenjang kelas, untuk kegiatan yang dilombakan sendiri berupa mereview buku cerita. Sehingga, program kerja ini terbagi ke dalam beberapa rangkaian acara diantaranya yaitu: babak 1 (2 – 6 Oktober 2023), babak 2 (9 – 13 Oktober 2023), babak 3 (17 Oktober 2023), semi final (19 Oktober 2023), grand final dan awarding (27 Oktober 2023).

Berdasarkan hasil keputusan penilaian tim juri yaitu Bapak Trisno Santoso, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SDN Kapasan III/145 Surabaya beserta Mahasiswa Kampus Mengajar, maka dapat diperoleh nama siswa yang berhasil memenangkan ajang perlombaan tersebut.

Kelas bawah: Muhammad Abidzar Algifari Juara 1 dari Kelas 2A, M. Sheva Rasya Juara 2 dari Kelas 1C, dan Zaskia Ramadhani sebagai Juara 3 dari Kelas 3B.

Kelas atas: M. Damar Alamsyah Juara 1 dari Kelas 4A, Falakhul Nizam sebagai Juara 2 dari Kelas 6A, dan Andika Kurnia sebagai Juara 3 dari Kelas 5D.

“Setelah resmi menjadi Duta Literasi maka siswa atau siswi diharapkan mampu melaksanakan tugasnya sebagai Duta Literasi” ungkap Kepala Sekolah, Trisno Santoso, S.Pd.

“Penerapan program duta literasi ini saya berharap bisa lebih ditingkatkan lagi pada ranah inovasi literasi digital, saya berharap juga program ini bisa dilanjutkan dan dijalankan kembali sebagai program tahunan di SDN Kapasan III/145 Surabaya” ungkap Mahasiswa Kampus Mengajar, Yessi Rachmawati

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image