Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Cegah Terjadinya Tindak Kekerasan di Sekolah, TPPK Harus Dibentuk

Edukasi | Wednesday, 01 Nov 2023, 23:38 WIB
Sekretaris Dinas Pendidikan Bandung Barat. (istimewa)

Oleh: DR. H. Rustiyana, ST.,MT., M.Pd., M.A.P
(Sekretaris Dinas Pendidikan Bandung Barat)

Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat mendorong semua satuan pendidikan memiliki Tim Penvcegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Hal tersebut untuk memastikan adanya respons cepat penanganan kekerasan ketika terjadinya kekerasan di satuan pendidikan.

Keberadaan TPPK merupakan amanat Permendikbud Ristek Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Seperti yang telah dicantumkan dalam Permendikbud Ristek Nomor 46 Tahun 2023 , anggota TPPK dibentuk dengan jumlah ganjil atau paling sedikit tiga orang dengan perwakilan dari pendidik dan komite sekolah atau perwakilan orang tua atau wali. Jika diperlukan perwakilan tenaga kependidikan juga dapat menjadi anggota TPPK sebagai tenaga administrasi.

Namun, bagi satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tidak dapat membentuk TPPK karena sumber daya manusianya tidak mencukupi tugas dan wewenang TPPK dilaksanakan oleh beberapa satuan PAUD yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Sehingga pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai TPPK akan bertanggungjawab kepada kepala Dinas Pendidikan.

Sedangkan untuk satuan pendidikan nonformal seperti pendidikan kesetaraan yang tidak memiliki komite sekolah maka TPPK cukup beranggotakan dari unsur pendidik.

Adapun persyaratan untuk bergabung menjadi anggota TPPK antara lain:

1. Tidak pernah terbukti melakukan kekerasan. 2. Tidak pernah terbukti dijatuhi hukuman pidana dengan ancaman lima tahun atau lebih yang telah berkekuatan hukum tetap dan/atau. 3. Tidak pernah dan atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai tingkat sedang maupun berat

Dan, masa keanggotan TPPK akan berakhir, jika:

1. Masa tugas anggota TPPK atau satgas berakhir yaitu dua tahun bagi TPPK dan empat tahun bagi satgas. meninggal dunia.

2. Mengundurkan diri. tidak lagi memenuhi syarat keanggotaan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Terbukti melakukan kekerasan berdasarkan pemeriksaan kasus kekerasan yang dilakukan Satuan Tugas.

4. Menjadi tersangka tindak pidana kecuali tindak pidana ringan. berhalangan tetap yang mengakibatkan tidak dapat melaksanakan tugas. pindah tugas atau mutasi

Selanjutnya, TPPK, selain untuk untuk mengatasi kasus perundungan, juga memiliki kewenangan, yakni memanggil dan meminta keterangan, pelapor, korban, saksi, terlapor, orang tua/wali, pendampingi dan atau ahli. Kemudian, tim ini berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pencegahan dan penanganan kekerasan. Dan, berkoordinasi dengan satuan pendidikan lain terkait laporan kekerasan yang melibatkan korban, saksi, pelapor dan atau terlapor dari satuan pendidikan yang bersangkutan.

Berikutnya, TPPK mempunyai tugas dan fungsi, yaitu:

1. Menyampaikan usulan atau rekomendasi program pencegahan kekerasan kepada kepala satuan pendidikan.

2. Memberikan masukan atau saran kepada kepala satuan pendidikan mengenai fasilitas yang aman dan nyaman di satuan pendidikan.

3. Melaksanakan sosialisasi kebijakan dan program terkait pencegahan dan penanganan kekerasan bersama dengan satuan pendidikan.

4. Menerima dan menindaklanjuti laporan dugaan kekerasan.

5. Melakukan penanganan terhadap temuan adanya dugaan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

6. Menyampaikan pemberitahuan kepada orang tuawali dari peserta didik yang terlibat kekerasan.

7. Memeriksa laporan dugaan kekerasan.

8. Memberikan rekomendasi sanksi kepada kepala satuan pendidikan berdasarkan hasil pemeriksaan.

9. Mendampingi korban dan atau pelapor kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

10. Memfasilitasi pendampingan oleh ahli atau layanan lainnya yang dibutuhkan korban, pelapor, dan atau saksi.

11. Memberikan rujukan bagi korban ke layanan sesuai dengan kebutuhan korban kekerasan.

12. Memberikan rekomendasi pendidikan anak dalam hal peserta didik yang terlibat kekerasan merupakan anak yang berhadapan dengan hukum.

13. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada kepala dinas pendidikan melalui kepala satuan pendidikan paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.

Akhirnya, sudah menjadi kewajiban kita semua untuk memastikan setiap satuan pendidikan sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi siapa pun. Oleh karena itu, kehadiran TPPK merupakan hal yang wajib keberadaannya. Sehingga, kasus yang mungkin terjadi akibat tindak kekerasan di sekolah, dapat dicegah dan ditangani.***

Dari Berbagai Sumber.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image