Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raisha Nadhira

Rangkaian Kegiatan Studi Banding: Holmes Journalist BESEK 31

Eduaksi | Tuesday, 31 Oct 2023, 19:06 WIB

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan kegiatan tahunan yang dikhusususkan bagi anggota muda Holmes Jurnalis di SMA Labschool UPI Cibiru. PJTD yakni bertujuan untuk melatih, dan menanamkan pemahaman kepada calon anggota muda. PJTD yang berlangsung di SMA Labschool UPI Cibiru sendiri salah satunya adalah kegiatan studi banding yang dilaksanakan di SMA Kartika XIX-1 Bandung.

Tepat pada hari sabtu tanggal 28 Oktober, 2023 dilaksanakannya PJTD SMA Labschool UPI Cibiru. Dimulai jam 07.00 WIB yang merupakan jam keberangkatan dari SMA Labschool menuju SMA Kartika XIX-1. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari BESEK 31 oleh ketua dewan pengurus (DP). Lalu dilanjut sambutan oleh ketua DP holmes journalist. Setelahnya, pihak BESEK 31 menjelaskan materi terkait ekstrakulikuler jurnalistik. Dimulai dari pengenalan organigram, seksi, dan yang terakhir adalah program kerja.

Dimulai dari program kerja sendiri (divisi seni, musik, broadcasting, seni rupa, dan foto- video) BESEK 31 memiliki variasi yang 'sepertinya' asing jika dibandingkan dengan divisi holmes journalist. Yakni divisi foto- video, podcast, reporter, editor, penelitian dan pengembangan (litbang), layouter, dan yang terakhir adalah humas.

Terkait perbandingan sendiri, baik dari banyaknya divisi antar-sekolah. Yang cukup menarik adalah tersedianya ruangan pribadi untuk broadcasting yang dimiliki oleh BESEK 31 beserta program kerja yang menarik pula (dilakukannya siaran rutin pada hari-hari tertentu). Tak hanya itu, manfaat perbandingan atau 'studi banding' sendiri tentu dapat terlihat karena adanya perbedaan ekstrakurikuler yang dimiliki oleh masing-masing sekolah. Sehingga perbandingan bukanlah suatu hal yang bersifat disosiatif, melainkan dapat menjadi wadah entah itu bagi dewan pengurus, ketua, atau pun bagi setiap anggota muda yang tergabung dalam ekstrakulikuler tersebut. Baik holmes journalist dan BESEK 31 untuk dapat saling menginspirasi dengan diadakannya studi banding itu sendiri.

Tak hanya materi terkait masing-masing ekstrakurikuler, namun juga terdapat games dan ice breaking yang disisipkan selama acara berlangsung. Keseluruhan, dimulai pada pukul 07.00 WIB - 16.00 WIB. Demikian, rangkaian detail terkait studi banding atau PJTD terlaksanakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image