Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pelatihan Jurnalis Masa Depan

Edukasi | Tuesday, 31 Oct 2023, 18:55 WIB

Pada hari Selasa, tanggal 3 Oktober 2021 para siswa dan siswi SMA Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru yang mengikuti ekstrakulikuler Holmes Jurnalistik mulai melaksanakan PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar). PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) adalah suatu kegiatan untuk melatih kemampuan jurnalistik sekaligus sebagai upaya siswa -siswi pemula mendapatkan kenaikan pangkat menjadi anggota muda yang ditandai dengan diserahkan syal putih keanggotaan Holmes Jurnalistik.

Hari pertama PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) dimulai dengan pemaparan materi pengolahan dan penulisan berita oleh Ibu Isti. Ibu Isti mengatakan untuk membuat suatu berita atau artikel, pertama-tama harus memiliki ide. Ide, menjadi sketsa awal dari berita atau artikel yang akan kita tulis. Setelah menemukan ide maka kita harus menentukan tema yang berperan sebagai landasan. Jika landasan telah terbentuk maka selanjutnya kita harus melakukan research yang mana akan menjadi bahan dan menjadi fondasi berita atau artikel itu sendiri. Barulah kita mulai menulis sampai artikel atau berita kita benar-benar matang.

Pada hari kedua, Selasa 20 Oktober 2023, kami kedatangan Pers Lima yang merupakan kelompok jurnalistik kampus UPI Cibiru. Kami mempelajari tentang kode etik jurnalistik dan public speaking. Ibarat makanan yang akan dihidangkan maka harus dicicipi, setelah materi dipaparkan maka harus ada evaluasi. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang ditugaskan untuk membuat suatu artikel singkat mengenai pilihan topik yang tersedia. Kelompok saya membuat artikel mengenai penutupan E-Commerce.

Akhirnya kami sampai di hari puncak PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ) yang sebenarnya, kegiatan hari terakhir ini dilaksanakan pada Sabtu tanggal 21 Oktober 2023, namun diundur ke hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023. Kami melaksanakan study banding dengan SMA Kartika XIX atau yang dulu lebih dikenal dengan nama SMA Kartika Sari. Para calon anggota muda Holmes Jurnalistik saling berbagi dan belajar dengan BeSeK 31 yang merupakan salah satu ekstrakulikuler SMA Kartika XIX. Dimulai dengan Bengkel Seni Kartika 31 (BeSeK 31) yang memperkenalkan divisi-divisi yang dimilikinya, di antaranya adalah foto & video, musik, broadcast dan seni rupa. Setelah selesai bertukar materi kami pun bermain games menebak hewan. Acara diakhiri dengan foto bersama dan kami pulang pada jam 14.00 WIB.

Menurut saya, PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para jurnalis pemula bukan hanya untuk meningkatkan keterampilan namun juga pengalaman dan pengetahuan. Selama menjalani rangkaian acara PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) bisa sangat dinikmati karena acara yang disusun dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image