Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khalila Aliya

Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar di Holmes Journalist

Eduaksi | Tuesday, 31 Oct 2023, 18:52 WIB

Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar atau yang kerap disingkat dengan PJTD merupakan latihan pengetahuan dan kemampuan dasar tentang jurnalis yang wajib diikuti oleh anggota muda Holmes Journalist setelah LDKO sebelum nantinya mengikuti diklat dan resmi menjadi anggota dar ekstrakurikuler Holmes Journalist yang berada di SMA Labschool UPI kampus Cibiru.

PJTD ini berlangsung 3 minggu berturut-turut setiap hari Selasa, tepatnya pada tanggal 10, 17, dan 28 Oktober 2023. Kegiatan PJTD ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan gambaran tentang ilmu junalistik untuk anggota muda Holmes Journalist kedepannya. Pada hari pertama pelaksanaan PJTD, tim dari Holmes Journalist mengundang pemateri yang sangat menyenangkan, namun materi yang disampaikannya tetap berbobot dan mudah dipahami, yaitu tentang "Pengelolahan dan Penulisan Berita", yang disampaikan oleh bu Isti. Kami bahkan diberi ilmu dan kesempatan berharga tentang bagaimana kita bisa mengunggah karya tulis kita di internet.

Selanjutnya di hari kedua, masih dengan pematerian, kali ini tim dari Holmes Journalist mengundang narasumber dari Sentra (Widyatama) untuk menyampaikan materi mengenai "Kode Etik Jurnalistik dan Public Speaking". Bisa disimpulkan pada materi tersebut bahwa kode etik jurnalis merupakan patokan moral dan etika serta apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang jurnalis. Setelah pematerian, pada hari itu juga kami mendapatkan kesempatan untuk berlatih liputan dan membuat artikel singkat yang nantinya akan dipresentasikan secara berkelompok.

Di hari puncak atau hari terakhir, tim dari Holmes Journalist tidak lagi mendatangkan narasumber maupun pemateri. Namun sebaliknya, tepatnya pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 tim dari Holmes Journalist dan para anggota mudanya mengunjungi Besek31 yang merupakan salah satu ekstrakurikuler sekaligus organisasi di SMA Kartika XIX-1 yang memiliki kemiripan dengan ekstrakurikuler Holmes Journalist untuk pelaksanaan study banding. Kegiatan study banding ini merupakan kegiatan yang sangat efektif dan bermanfaat bagi anggota muda Holmes Journalist agar mendapatkan gambaran tentang organisasi maupun struktur keorganisasian di Besek31 yang sudah lebih matang bila dibandingkan dengan Holmes Journalist untuk dijadikan bahan evaluasi bagi Holmes Journalist kedepannya agar bisa menjadi ekstrakurikuler sekaligus organisasi yang besar sekaligus bermanfaat baik untuk anggotanya maupun masyarakat sekolah. Kegiatan study banding ini juga berguna untuk para anggota muda Holmes dalam menambah relasi di dalam lingkup keorganisasian.

Dengan diadakannya kegiatan PJTD ini, diharapkan untuk anggota muda Holmes Journalist dapat memiliki gambaran tentang menjalankan organisasi maupun dalam bidang jurnalis agar bisa membangun Holmes Jounalist yang lebih baik di generasi selanjutnya.

Study Banding Holmes Journalist dan Besek31 pada hari Sabtu 23 Oktober 2023 di SMA Kartika XIX-1.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image