Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image diray gita

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Sekolah | Tuesday, 31 Oct 2023, 18:23 WIB

PJTD (pelatihan jurnalistik tingkat dasar) merupakan suatu program untuk melatih para calon anggota muda sebelum di lantik. Kegiatan PJTD ini di langsungkan selama 3 minggu, 2 minggu kita laksanakan di SMA LABSCHOOL UPI Cibiru setiap hari selasa 1 minggu kita laksanakan di SMA KARTIKA XIX-1 Bandung di hari sabtu. Kegiatan yang dilakukan ada pematerian, membuat karya tulisan, latihan liputan, study banding bersama SMA KARTIKA XIX-1 Bandung.

Minggu pertama ada kegiatan bersama Ibu Istisari Bulan Lageni berupa pematerian tentang pelatihan dasar-dasar menulis dan membuat karya tulisan yang nantinya di uploud di RETIZEN, kita di jelaskan mengenai cara menulis yang baik dan benar agar hasil tulisan kita bagus mulai dari tata cara menulis dan prinsip dalam menulis. Minggu kedua kegiatannya berupa pematerian dari pembina jurnalis HOLMES mengenai kode etik jurnalis, kita di jelaskan apa itu jurnalis, apa itu kode etik jurnalis dan kita di beri tugas berkelompok untuk membahas suatu kasus yang di beri dan mempresentasikannya di depan, setelah itu kita juga latihan liputan secara berkelompok.

Minggu ketiga kita melaksanakan STUDY BANDING bersama BESEK 31 (Bengkel Seni Kartika) yang merupakan Jurnalis dari SMA KARTIKA XIX-1 Bandung. STUDY BANDING di laksanakan pada hari sabtu 28 OKTOBER 2023 tempatnya di SMA KARTIKA XIX-1 Bandung. Di sana kita di perkenalkan dengan BESEK 31 yang merupakan Jurnalis dari SMA KARTIKA, BESEK 31 sudah berdiri selama 23 tahun dan tahun ini merupakan angkatan ke-23 setiap angkatan memiliki nama sendiri yang berkaitan dengan seni seperti angkatan 23 yang bernama MELODY 23. Kita juga di jelaskan mengenai apa itu BESEK 31, sudah berdiri berapa lama, kegiatan apa saja yang di lakukan, program kerja mereka apa saja dan masih banyak lainnya. Selain itu kita dari HOLMES juga memperkenalkan dan menjelaskan tentang ekskul jurnalis HOLMES seperti ada sekbid (seksi bidang) apa saja yang terdapat di HOLMES, program kerjanya apa saja seperti liputan jika ada acara / event, podcast, siaran radio, mading sekolah dan masih banyak lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image