Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Fauziah

Pelatihan Jurnalis Kampus Fakultas Sastra Indonesia Universitas Pamulang Angkatan Pertama

Info Terkini | Wednesday, 29 Jun 2022, 06:29 WIB

Demi meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dan mempublikasikan hasil tulisan mereka Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang ( Sasindo Unpam ) akan mengadakan pelatihan jurnalis kampus dengan judul “ Jurnalis Kampus Mahasiswa Sasindo Angkatan Pertama Menjadi Jurnalis Kampus di Era Digital” yang akan digelar di lantai 5 gedung Unpam Viktor Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan. Kegiatan pelatihan ini akan diadakan pada bulan Juli 2022 dengan Teknik dan Praktek yang dilakukan itu menulis reportase serta feature. Kegiatan ini dapat menjadi langkah konkret mahasiswa Sasindo agar bisa memahami kaidah jurnalistik sehingga terjun langsung meliput ke lapangan dan menerbitkan ke berbagai media massa.

Kegiatan tersebut disasarkan untuk para Mahasiswa Sasindo Aktif Unpam dan setiap kelas ada perwakilan yang mewakili kelasnya pelatihan ini dibataskan jumlah mahasiswa yang dapat ikut serta yaitu berkisar 20 mahasiswa saja. Deni Darmawan, selaku dosen Keterampilan Hubungan Masyarakat inilah yang meggagaskan adanya pelatihan jurnalis kampus ini dengan tujuan adanya pelatihan ini yaitu agar mahasiswa memahami seluk beluk kegiatan jurnalis, mengaplikasikan teori jurnalistik yang sudah dipelajari agar dapat terlihat sudah sampai mana pemahaman mahasiswa mengenai teori juralistik yang mereka pelajari, jika sudah terjun meliput kelapangan mahasiswa mampu menulis teknik reportase dan feature, yang pastinya mahasiswa mampu menerbitkan kegiatan yang mereka liput ke media massa, lokal, ataupun nasiona serta tujuan lain dari bapak Deni Darmawan dengan adalanya pelatihan jurnalis kampus ini yaitu untuk menggalih lebih dalam lagi mengenai kemampuan para mahasiswanya barangkali ada mahasiswa yang memiliki bakat terpendam dalam bidang jurnalistik ini tetapi ia tidak tahu bagaimana cara untuk mengembangkan bakatnya tersebut.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan karena kemampuan menulis dengan teknik reportase dan feature jarang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa padahal di era revolusi industri dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin cepat serta peluang manfaat untuk mempublikasikan kegiatan dengan teknik menulis reportase dan feature. Jika jurnalis kampus ini bisa diberdayakan dengan baik maka akan menguntungkan semua pihak, karena semua bisa di dokumentasikan, diberitakan dan mempunyai rekam jejak digital yang baik.

Apa lagi di era saat ini yang memang sekarang semua serba digital seharusnya para mahasiswa mampu memanfaatkan elektronik yang ada untuk mengembangkan hasil hasil liputan mereka sehingga nantinya mereka tidak hanya menjadi jurnalis kampus saja tapi bisa menjadi jurnalis yang namanya tercatat di media pers, dan yang pastinya dalam kegiatan pelatihan ini mahasiswa dengan dosennya harus saling bekerja sama berkolaborasi untuk terus produktif menulis dan mempublikasikan semua kegiatan dengan baik tidak hanya saat pelatihan ini dilaksanakan saja tetapi dalam kegiatan kegiatan yang dibutuhkannya jurnalis kampus mahasiswa dan dosen harus saling berperan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image