Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Riza Praditya

Prodi sastra Indonesia Universitas Pamulang Gelar pelatihan jurnalis kampus.

Guru Menulis | Saturday, 25 Jun 2022, 20:31 WIB
Sastra indonesia (Universitas pamulang)

Jurnalis adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Pengertian jurnalis dalam konsep media, berasal dari perkataan journal, artinya catatan harian mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti surat kabar. Program Sastra Indonesia universitas Pamulang, mengadakan pelatihan jurnalis kampus (jurkam) dengan judul "Jurnalis kampus mahasiswa sastra Indonesia". Apresiasi yang sangat luar biasa dari seorang dosen pembimbing untuk para mahasiswa agar bisa mengikuti pelatihan yang diadakan langsung oleh kampus.

Sebelumnya mahasiswa universitas Pamulang Seringkali membuat Tulisan atau artikel mengenai tugas yang di berikan oleh masing-masing dosen pembimbing mengenai berita atau hal yang lainnya yang berhubungan dengan jurnalistik, namun sayangnya tugas tersebut tidak diupload melalui media massa hanya hasil softcopynya saja yang di berikan kepada dosen , oleh karena itu diadakannya latihan jurnalis kampus supaya mempunyai kemampuan dalam mencari data, mengumpulkan, menuliskan dan menyajikan berita dengan kaidah jurnalistik. Jika jurnalis kampus ini bisa diberdayakan dengan baik, maka akan menguntungkan semua pihak, karena semua bisa didokumentasikan, diberitakan dan mempunyai rekam jejak digital yang baik, agar diluar universitas tau bahwa program sastra Indonesia banyak karyanya yang diupload melalui media massa seperti Kumparan, kompas , Retizen dll.

Para Dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalis ini tidak sembarangan karena ada persyaratan dan ketentuannya, Peserta Harus dan wajib menjadi mahasiswa sasindo yang masih aktif , setiap kelas harus ada perwakilan untuk menjadi peserta pelatihan jurnalis , peserta dibatasi 20 mahasiswa dan untuk Pelaksanaan Pelatihan jurnalis kampus dilaksanakan di tempat dan waktu yang sudah disesuaikan. Kegiatan akan dilaksanakan dalam tiga term. Kegiatan dilaksanakan pada :

Rabu 8 Juli 2022 Pukul 14.00 – 15.30: Teknik dan praktik menulis reportase

Rabu, 15 Juli 2022 Pukul 14.00 – 15.30 Teknik dan praktik menulis feature

Terjun ke lapangan meliput kegiatan

Di lantai 5 gedung unpam Viktor Jl. Puspitek Raya no 10 Serpong , Tanggerang Selatan.Bagi yang sudah mempraktikan dan menerbitkan di media massa, maka peserta dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat kelulusan. Bagi peserta yang tidak mengikuti kegiatan atau tidak seluruhnya, maka dinyatakan gugur. Dosen yang ikut serta membantu berjalannya pelatihan ini yaitu diantaranya Bapak Misbah Priagung Nursalim sebagai penasehat lalu diikuti oleh Bapak Deni Darmawan, Dwi Septiana, Turnya sebagai pembina , dan pengurus Hima sasindo menjadi ketua pelaksana .

Kegiatan ini disajikan dengan reportase yang baik , tentu disetiap berita untuk bisa mempermudah membaca. Kegiatan ini mampu dikemas sangat baik terutama untuk meningkatkan akreditas kampus dan mampu memperkembangkan nama kampus terutama dengan hasil karya menulis yang ditulis langsung oleh mahasiswa sasindo.

Namun kenyataannya, keberadaan jurnalis kampus masih jauh dari harapan. Setiap prodi belum mampu membentuk jurnalis kampus. Karena yang menulis adalah mereka yang belum tahu, bagaimana teknik meliput dan menyajikan berita dengan baik.Prodi Sastra Indonesia diharapkan untuk menjadi garda terdepan dalam memberdayakan dan memperluas jurnalis kampus. Mahasiswa tidak cukup hanya diberi teori dan konsep, tapi mereka harus diberikan wadah dan praktik untuk bisa terjun ke lapangan untuk meliput situasi dan kondisi yang sebenarnya. Agar mereka mempunyai pengalaman dalam meliput berita secara nyata tidak hanya melalui softcopy lalu tidak upload , supaya orang tau bahwa karya tulisan kita dinilai lebih baik oleh sejuta orang yang membacanya.

Pelatihan jurnalis kampus di universitas Pamulang ini tidak hanya untuk berlatih saja tetapi diterjunkan langsung ke lapangan, karena Begitu banyak kegiatan di Universitas Pamulang, baik seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) belum dituliskan dengan menggunakan teknis reportase yang sesuai kaidah jurnalistik.oleh karena itu diadakannya pelatihan jurnalis ini kita akan mempermudah dalam membuat sebuah tulisan yang nantinya akan langsung di upload ke media massa jika tulisan tersebut sudah memenuhi kaidah jurnalistik. Jika kampus minim publikasi, maka seluruh lapisan masyarakat juga dunia tidak akan tahu, bahwa kampus tersebut mampu menggelar berbagai kegiatan dan acara yang menarik serta variatif. Semakin gencar publikasi, maka akan semakin tahu kegiatan kampus dan terciptanya image dan opini yang baik.

Dosen Pengampu : Deni Darmawan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image