Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keistimewaan Menjadi Penikmat Buku

Gaya Hidup | Tuesday, 31 Oct 2023, 12:55 WIB

Tak bosan-bosannya kita saling mengingatkan tentang arti penting buku yang selama ini hadir di hadapan kita. Disadari atau tidak saat ini memang belum banyak orang yang mengerti dan memahami tentang keistimewaan jika kita menjadi penikmat buku.

Penikmat buku selalu berburu buku untuk bisa dinikmatinya. (Foto : Republika.co.id/Prayogi)

yang terbiasa membaca buku tentu saja akan berbeda dengan orang yang jarang membaca buku. Hal ini membuktikan jika kita banyak membaca maka tentu saja akan menambah wawasan serta pengetahuan kita pun akan di atas mereka yang tidak pernah membaca buku. Berikut lima keistimewaan orang yang biasa menikmati buku.

Pertama, orang yang terbiasa membaca buku adalah orang yang tentu saja dapat dikatakan rajin dan tekun. Sebab untuk menyelesaikan buku yang banyak halamannya bisa dilakukan olehnya. Jadi tentu saja orang yang terbiasa membaca buku telah menjadi orang yang mampu mengalihkan sifat malasnya karena membaca buku tersebut jelas membutuhkan perjuangan yang hebat karena tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kedua, orang yang menjadi penikmat buku adalah orang yang termasuk menghargai jerih payah pemikiran seorang penulis yang telah dibukukan. Bisa jadi saat membaca buku tersebut apakah dengan membeli atau meminjam dari perpustakaan namun hakikatnya ia telah menunjukkannya sikapnya yang gemar membaca dan juga mau mneikmati pemikiran dari seorang penulis.

Ketiga, orang yang suka menikmati buku memiliki hobi yang bermanfaat. Karena dengan banyak membaca maka akan selalu mendapatkan wawasan dan juga pengetahuan. Dengan menikmati buku, dia takkan kekurangan referensi saat ditanya sesuatu atau saat sedang menuliskan sesuatu karena ia banyak mendapatkannya dari apa yang telah dibacanya.

Keempat, sebagai penikmat buku berarti yang bersangkutan memiliki peluang jadi penulis juga. Bisa membuat buku atau juga menulis artikel di blog,platform atau website itu sendiri. Bahkan dengan dirinya banyak membaca buku, ia pun jika pandai menulis pula maka setidaknya ia sendiri akan bsia menuliskan resensi dari buku yang telah dibacanya dan hal ini bisa memacu orang lain menjadi tertarik membaca buku yang telah dibacanya.

Kelima, orang yang terbiasa sering menikmati buku dapat dianggap sebagai pejuang literasi karena terbiasa membaca itulah. Di sini tentu saja orang yang suka membaca jelas memiliki semangat untuk membantu pengembangan dunia membaca dan menulis yang ada. Saat ini orang-orang yang sering menikmati buku tentu akan banyak dibutuhkan sebagai motivator agar orang-orang untuk terbiasa membaca buku. Sebuah tugas mulia demi kemajuan bangsa dan negara ini.

Demikianlah keistimewaaan orang yang terbiasa membaca buku dan dengan semakin banyak buku yang dibacanya maka ia akan memiliki referensi yang hebat dan menciptakan dirinya orang yang berkemajuan dan terbuka cakrawala pemikirannya sehingga mampu tampil terdepandibanding yang lainnya.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image