Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Istithoati Millatinal Ishaqiyah

Destinasi Traveling Populer di 3 Kota Besar di Jepang

Wisata | Sunday, 29 Oct 2023, 16:19 WIB
Gunung Fuji di Jepang (iStock)

Jepang menjadi salah satu destinasi traveling populer di dunia yang harus di kunjungi minimal sekali seumur hidup. Selama berwisata di Jepang, kita bisa menikmati berbagai keindahan alam, budaya, arsitektur, taman bermain hingga pusat perbelanjannya!

Sebelum berencana untuk berlibur ke Jepang, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat-tempat wisata di Jepang. Cari tahu yang paling menarik dan terjangkau untuk datangi, sehingga waktu dan dana yang digunakan saat berlibur ke sana lebih maksimal. Terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata di Jepang yang bisa jadi panduan agar liburan ke Jepang menjadi cerita yang berkesan:

1. TOKYO

Tokyo terletak di wilayah Kanto, tepatnya di pulau Honshu. Tokyo dulunya merupakan sebuah desa perikanan kecil yang bernama Edo. Sejak tahun 1868, Tokyo menjadi ibukota negara Jepang yang sebelumnya berpusat di Kyoto. Dan pada tahun 1870, berubah nama menjadi Tokyo.

Tokyo merupakan kota metropolitan yang terbagi menjadi 23 distrik dengan jumlah penduduk sekitar 33 juta jiwa. Tokyo juga menjadi pusat politik, ekonomi, pemerintahan, budaya, akademis, tempat tinggal kaisar, pusat keuangan dunia selain New York dan London, selain itu Tokyo juga merupakan pusat bisnis dengan pendapatan per kapita yang cukup tinggi.

Tokyo termasuk salah satu kota terpadat dan terbesar di dunia. Tokyo juga terkenal sebagai kota yang aman, bersih, dan kaya akan keragaman kebudayaannya. Berikut ini adalah destinasi wisata yang ada di Tokyo:

a. Kuil Sensoji

Kuil Sensoji adalah kuil Budha kuno di Tokyo yang dibangun pada tahun 645 dan terletak di daerah Asakusa, Kota Tokyo, Jepang. Kuil ini didedikasikan untuk Bodhisatwa Kannon, yang dianggap sebagai Dewi Welas Asih. Pengunjung yang memasuki kuil ini tidak dipungut biaya apapun, pengunjung bisa masuk melalui Kaminarimon Gate, yaitu sebuah pintu gerbang megah dan mencolok yang di tengah-tengahnya terdapat bandul merah besar bertuliskan huruf Kanji. Kaminarimon Gate ini diapit oleh dua patung dewa yaitu Dewa Angin (Fujin) dan Dewa Petir (Raijin). Hingga sekarang kuil ini masih digunakan sebagai tempat beribadah bagi penganut agama Budha dan masyarakat Asakusa.

b. Tokyo Disneyland & Tokyo Disneysea

Tokyo Disneyland yang dibangun pada tahun 1983 adalah tempat bermain yang populer dan sangat ramai dikunjungi. Banyak sekali wahana yang bisa dicoba di taman bermain ini. Dengan harga tiket yang lumayan mahal sekitar 6.400 Yen untuk dewasa, 4.200 Yen untuk anak-anak, dan sekitar 5.700 Yen untuk lansia (usia 60 tahun ke atas), sangatlah sepadan dengan kepuasan bermain dan mencoba wahana-wahana yang ada.

Tokyo Disneysea adalah taman hiburan bertema air, dibuka pada tahun 2001. Harga tiketnya hampir sama dengan Tokyo Disneyland yaitu sekitar 6.400 Yen untuk dewasa, 4.200 Yen untuk anak-anak, 5.500 Yen untuk remaja, dan 5.700 yen untuk lansia.

c. Tokyo Skytree

Salah satu landmark modern paling ikonik di Tokyo adalah Tokyo Skytree (東京スカイツリー), menara simbolis dan salah satu tempat wisata paling populer yang terletak di daerah Sumida, kota Tokyo, Jepang. Tokyo Skytree adalah salah satu obyek wisata yang dibangun oleh Tobu Railway dengan ketinggian kurang lebih 634m. Menara ini tidak hanya berfungsi sebagai stasiun penyiaran, tetapi juga sebagai titik observasi kota dan objek wisata. Pengunjung dikenakan biaya sekitar 2.000 Yen hingga 3.200 Yen per orang. Pengunjung bisa berwisata, berbelanja, dan menikmati keindahan kota Tokyo dan sekitarnya.

2. KYOTO

Kyoto, sebelumnya dikenal dengan nama Heian/Heiankyo, salah satu kota bersejarah yang pernah menjadi ibukota Jepang dari tahun 794 hingga tahun 1868. Banyak benda-benda artefak yang menjadi kekayaan masa lalu yang sampai sekarang masih bisa dilihat dan dijumpai di Kyoto. Kyoto berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa, dan terletak di pulau Honshu, ibukota prefektur Kyoto di wilayah Kansai. Berikut ini adalah destinasi wisata yang ada di Kyoto:

a. Istana Nijo

Istana Nijo merupakan sebuah kastil di Kyoto, Jepang. Istana ini ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia, terletak hampir di pusat kota dengan luas 500 m x 400 m dikelilingi parit. Didirikan pada tahun 1603, sebagai rumah peristirahatan bagi Tokugawa Ieyasu, Shogun pertama dalam pemerintahan Tokugawa. Sebelum masuk ke pintu gerbang istana (Karamon Gate) pengunjung harus melewati tempat pemeriksaan tamu (bansho) sebelum memasuki istana. Karamon Gate adalah pintu gerbang besar bergaya Cina dan merupakan salah satu arsitektur unik yang bisa kita lihat di Nijo Castle. Tiket pengunjung sekitar 600 Yen per orang.

b. Istana Kekaisaran Kyoto

Hingga tahun 1868, istana ini digunakan sebagai kediaman keluarga Kekaisaran Jepang. Bangunan ini sangat luas dan megah. Sempat direnovasi pada tahun 1855, aula utama istana biasanya digunakan sebagai tempat penobatan Kaisar Jepang pada jaman dahulu. Untuk berkeliling istana selama kurang lebih 1 jam, pengunjung harus didampingi pemandu wisata, dan untuk masuk ke istana ini tidak dipungut biaya/gratis.

c. Kuil Kiyomizudera

Kuil Kiyomizudera merupakan bagian dari bangunan yang dilindungi UNESCO. Dibangun tahun 798 di dekat air terjun Otowa. Air terjun Otowa apabila diminum dipercaya akan membawa khasiat panjang umur, sukses dalam pekerjaan, pendidikan, bahkan bisa sukses dalam urusan percintaan. Bangunan kuil ini terletak di sebuah bukit yang ditopang pilar-pilar dari kayu yang kuat, dan uniknya bangunan ini tidak menggunakan paku sama sekali. Harga tiket bagi pengunjung sekitar 300 Yen per orang.

3. OSAKA

Osaka merupakan kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo. Osaka terletak di pulau Honshu di wilayah Kansai. Osaka pernah menjadi ibukota Jepang pada pertengahan abad ke-7 sampai abad ke-8. Dikenal sebagai kota perdagangan dan juga sebagai pusat industri terpenting di Jepang. Kota Osaka berpenduduk sekitar 2,6 juta jiwa. Berikut ini destinasi wisata yang ada di Osaka:

a. Istana Osaka

Istana Osaka merupakan landmark sejarah Jepang yang terbuka bagi siapa saja yang ingin datang dan belajar tentang sejarah Jepang. Istana Osaka dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi selama tiga tahun sejak tahun 1583, istana ini dikelilingi taman yang terkenal dengan keindahan bunga sakuranya. Osaka Castle terletak di distrik Chuo-ku, kota Osaka, Jepang. Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar 600 Yen per orang.

b. Minō Park

Sebuah taman hiburan yang besar dan indah dengan luas lahan kurang lebih 963 hektare. Pengunjung bisa datang kapan saja tanpa dipungut biaya masuk, kecuali jika ingin masuk ke Minō Insect Museum yang biaya masuknya sekitar 270 Yen per orang, dan masuk Katsuoji Temple sekitar 400 Yen per orang. Di Minō Park ada jalan setapak mengelilingi sungai untuk para pejalan kaki. Di sekeliling Minō Park terdapat Minō Insect Museum, Katsuoji Temple, Air Terjun Minō, dll.

c. Umeda Sky Building

Bangunan ini setinggi 173m dan terdiri dari 40 lantai. Terdapat tempat yang dinamakan Floating Garden Observatory, di mana banyak pasangan yang memasang gembok cinta pada tempat yang sudah disediakan, dan tidak lupa menuliskan kata-kata cinta pada gembok tersebut. Harga tiket masuk pengunjung sekitar 700 Yen per orang.

Itulah beberapa destinasi wisata populer terbaik di Tokyo, Kyoto, dan Osaka yang bisa dijadikan referensi untuk berlibur, semoga informasi diatas bermanfaat:)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image