Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shella Nurhaliza Putri

Pekan Kebudayaan Nasional 2023 : Merayakan Keanekaragaman Indonesia

Info Terkini | Sunday, 29 Oct 2023, 10:20 WIB
Beberapa cerpen karya Darnato

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 sebagai panggung luar biasa yang menyatukan berbagai elemen kebudayaan yang ada di Indonesia. Acara ini menjadi acara terbesar dalam kalender akademik, memiliki peran penting, dan menjadi sentral dalam merayakan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang dalam mempromosikan pentingnya toleransi dan memperkuat kebanggaan nasional terhadap bangsa Indonesia.

Panggung Kreativitas Mahasiswa

Para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah juga berkontribusi dan mengambil peran lebih dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2023 ini. Mereka menjadi penggagas dan pelaku utama dalam berbagai pertunjukan seni, pameran kebudayaan, dan kegiatan workshop yang diselenggarakan. Para mahasiswa menampilkan beberapa keahlian dan kreativitas yang mereka miliki, seperti seni dan pertunjukan tradisional. Melalui kontribusi ini, para mahasiswa telah membawakan kehidupan tradisi-tradisi kuno dan memberikan sentuhan kotemporer terhadap budaya-budaya lokal

Pameran Seni yang Memikat Hati

Pameran seni menjadi salah satu sorot utama dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2023 di UIN Syarif Hidayatullah ini. Beberapa karya mahasiswa dan seniman lokal dipamerkan dalam galeri seni kampus. Lukisan warna warni dan instalasi seni inovatif yang dipamerkan memberikan pancaran akan kayanya kebudayaan Indonesia. Melalui pameran itu, para pengunjung akan merasakan emosi, inspirasi, dan getaran energi budaya yang mengalir di setiap karya seninya

Pentas Budaya dan Pertunjukan Musik

Konser musik dan serangkaian pertunjukan budaya memeriahkan panggung Pekan Nasional Kebudayaan 2023 di UIN Syarif Hidayatullah. Konser musik diselenggarakan dengan menggabungkan beberapa irama etnik dengan nuansa modern yang menciptakan pengalaman baru bagi para pendengarnya. Selain itu, konser musik ini juga memperkaya indera pendengar akan irama-irama etnik yang ada di Indonesia. Para penonton juga disuguhkan oleh pertunjukan tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui pertunjukan ini para penonton terbawa suasana dan mendapatkan pengalaman maupun perjalanan melintasi Nusantara.

Diskusi dan Seminar: Memahami Kekayaan Budaya Indonesia

Pada Pekan Kebudayaan Nasional 2023, juga diselenggarakan kegiatan diskusi dan seminar membahas isu-isu budaya yang relevan. Dalam diskusi ini para ahli budaya, cendekiawan, dan aktivis dipersatukan membahas mengenai tantangan dan peluang untuk mempertahankan kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, diskusi ini tidak hanya memberikan beberapa pemahaman mendalam mengenai warisan budaya, tetapi juga merangsang pemikiran kritis dan memotivasi anak muda untuk melakukan tindakan-tindakan positif guna melestarikan tradisi-tradisi yang ada di Indonesia.

Terdapat beberapa pesan dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2023 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu keanekaragaman budaya merupakan kekuatan utama Indonesia sehingga melalui keberagaman ini kita harus memahami dan menghormati satu sama lain. Pekan Kebudayaan Nasional tidak hanya berfokus dalam merayakan masa lalu tetapi juga berfokus pada pembangunan masa depan yang inklusif dengan rasa hormat dan apresiasi untuk setiap tradisi, bahasa, dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Selain itu, Pekan Kebudayaan Nasional 2023 di UIN Syarif Hidayatullah juga membawa warisan budaya Indonesia dengan kebanggaan dan antusiasme yang besar. Antusiasme ini terlihat dari cahaya dan sorotan panggung yang besar, penyatuan hati dan pikiran beberapa pihak dengan latar belakang yang berbeda, serta penyampaian pesan perdamaian, harmoni dan persatuan yang sangat kental.

Shella Nurhaliza Putri, mahasiswa Pendidikan Fisika, UIN Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image