Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Peran Teknologi dalam Pendidikan untuk Indonesia Emas 2045

Teknologi | Saturday, 28 Oct 2023, 11:17 WIB
Ilustrasi teknologi dalam memajukan pendidikan (sumber: https://www.pexels.com)

Tahun 2045 menjadi tahun yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, di mana negara Indonesia akan berusia genap 100 tahun atau yang disebut tahun Indonesia emas 2045 dan pada saat itu juga bangsa Indonesia akan menghadapi yang namanya bonus demografi. Bonus demografi akan menjadi tantangan tersendiri di mana jumlah penduduk produktif akan lebih tinggi daripada jumlah penduduk yang tidak produktif.

Karena itu, bonus demografi ini harus kita hadapi dengan baik agar terciptanya Indonesia emas tahun 2045. Salah satu yang terpenting untuk menciptakan Indonesia emas tahun 2045 adalah dengan pendidikan yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan yang berkualitas di Indonesia diperlukan kemajuan teknologi agar terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas juga. Dengan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas bonus demografi yang ada nantinya akan membawa keuntungan untuk bangsa Indonesia dalam seluruh aspek.

Teknologi memiliki peran sangat penting dalam dunia pendidikan yang nantinya akan membawa pengaruh untuk perubahan pendidikan di Indonesia yang jauh lebih baik. Dengan penggunaan teknologi di dunia pendidikan akan meningkatkan aksesbilitas pendidikan bagi semua lapisan masyarakat, termasuk masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan mobilitas. Teknologi juga mampu melayani kebutuhan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu perubahan pola pikir dan kebutuhan yang serba cepat, praktis, dan tepat. Berikut adalah peran teknologi dalam dunia pendidikan:

Meningkatkan aksesbilitas

Teknologi memungkinkan pembelajaran dapat diakses di mana saja dan kapan saja di penjuru dunia. Ini memungkinkan para pelajar untuk mengakses materi yang sebelumnya mungkin tidak dapat diakses karena kendala geografis atau ekonomi. Tentu hal tersebut dapat meningkatkan aksesbilitas pendidikan bagi siswa yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan mobilitas.

Meningkatkan fleksibilitas dalam proses pembelajaran

Kemajuan teknologi yang ada telah mengubah proses belajar menjadi lebih fleksibel. Pembelajaran online atau jarak jauh mungkin telah menjadi pilihan yang digunakan dibeberapa perguruan tinggi khususnya. Hal tersebut memungkinkan peserta didik dan pendidik untuk belajar tanpa terikat oleh batasan fisik. Hal tersebut telah terbukti sangat berguna selama masa pandemi COVID-19. Saat itu pembelajaran konvensional menjadi sulit dilaksanakan tetapi dengan teknologi yang ada pembelajaran bisa tetap dilaksanakan.

Meningkatkan kualitas media pembelajaran

Kecanggihan teknologi saat ini telah menjadi suatu keharusan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali aspek pendidikan. Salah satu aspek pendidikan yang memanfaatkan teknologi adalah pada pengembangan media pembelajaran yang menarik dan bevariasi. Media pembelajaran yang menarik dan bervariasi merupakan sarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Media pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk saat ini hanya dimiliki oleh sekolah yang mempunyai biaya dan fasilitas yang memadai. Hal tersebut membawa konsekuensi pada mahalnya biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh siswa dan menyebabkan siswa tidak bisa belajar maksimal. Namun, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan media pembelajaran yang menggunakan teknologi. Dengan menggunakan teknologi dalam media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Meningkatkan ruang diskusi yang lebih luas

Diskusi menjadi hal penting dalam dunia pendidikan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan interaksi supaya bisa bertukar pendapat dan juga berkolaborasi. Pembelajaran konvesional memungkinkan kita berdiskusi hanya di ruang kelas saja atau sekolah tetapi dengan adanya teknologi pelajar ataupun mahasiswa dapat berdiskusi antar daerah atau bahkan pelajar-pelajar lainnya dari negara lain. Di mana hal tersebut bisa saling bertukar pendapat dalam memajukan pendidikan. Dengan adanya peran teknologi, kualitas pendidikan di Indonesia akan menjadi berkualitas. Dengan pendidikan yang berkualitas akan meningkatkan dari kualitas sumber daya manusia juga yang nantinya akan bisa menghadapi bonus demografi yang juga akan membawa keuntungan untuk bangsa Indonesia dalam segala aspek. Hal tersebutlah yang akan

membawa Indonesia emas 2045.

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | S1 Pendidikan Matematika

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image