Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Siapa Saja yang Selalu Bershalawat? Simak Penjelasannya

Agama | Saturday, 28 Oct 2023, 09:26 WIB
https://images.app.goo.gl/odaAZ6JHwZDHir9k9

Shalawat kepada Rasulullah Saw bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dan disunahkan bahkan membacanya bernilai ibadah satu kali membaca Shalawat akan dibalas oleh Allah SWT menjadi sepuluh kebaikan, Siapa saja yang membaca shalawat simak penjelasannya dibawah ini?

Bershalawat kepada Nabi kita Nabi muhammad SAW sangat dianjurkan oleh Allah SWT selain bernilai ibadah dan akan mendapatkan syafa'at Rasulullah SAW diakhirat kelak serta akan ditetapkan menjadi umatnya Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Allah SWT menegaskan tentang shalawat diterangkan dalam surat Al-Ahzab ayat 56:

Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikat bershalawat kepada Nabi.Wahai orang-orang beriman bershalawatlah kepada Nabi dan ucapkanlah salam kepada dengan penuh kehormatan kepadanya.

Selain itu di jelaskan juga dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah :

Barang siapa yang bershalawat kepada ku maka niscaya Allah SWT akan bershalawat kepadanya 10 kali dan akan diangkatnya 10 derajat (HR.Muslim)

Selain itu juga banyak yang menjelaskan dalam hadits ketika bershalawat:

1. Diampuni dosa

2. Diangkat derajatnya

3. Bersama Rasullah diakhirat

4. Dikabulkannya do'a

5. Dibalas Oleh Allah SWT berlipat-lipat

6. Mendapatkan Syafa'at Rasulullah SAW

Banyak lagi keberkahan-keberkahan ketika kita selalu bershalawat kepada Nabi Kita Muhammad SAW.

Ternyata siapa saja yang bershalat kepada Nabi Muhammad Saw. Dijelaskan dalam kitab hasyiyah Al bajuri : 41

Allah SWT bershalawat adalah rahmat dan disertai dengan mengagungkan dan malaikat bershalawat adalah istighfar dan selain para malaikat menundukan diri dan do'a, dan selain itu semua hewan dan benda mati pun bershalawat dan memberikan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Dari penjelasan pengarang kitab hisyiyatul bajuri hal 14 yang bershalawat dan maknanya?

1. Allah SWT menganugrahkan rahmat dan ampunan

2. Malaikat beristighfar

3. Selain malaikat manusia atau makhluk yang laiinya mempunyai menundukan diri dan do'a

4. Hewan dan benda matipun mengucapkan salam dan bershalawat.

Demikian pemaparan diatas sangat dianjurkan untuk bershalawat selain mendapat keberkahan Allah SWT, malaikat, makhluk yang lainnya, hewan dan benda matipun bershalawat kapan lagi kalau enggak sekarang kita bershalawat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image