Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Edukasi | Friday, 27 Oct 2023, 15:43 WIB

Idealnya kuliah yang paling baik adalah yang dilakukan secara regular. Akantetapi dengan alasan kondisi ekonomi banyak pula yang memilih kuliah kelas karyawan sebagai solusi karena itu yang realistis dilakukannya. Memang itu kondisi yang aman karena selain mampu kuliah di akhir pekan juga biaya bisa disisihkan dari gaji yang disisihkannya.

Hanya saja untuk bisa memenuhi hal ini secara baik, tentu saja harus mengikuti beberapa hal yang akan memudahkan segalanya. Bagi mereka yang hendak mengambil kuliah kelas karyawan tetap harus memperhatikan beberapa hal hingga pada pelaksanaannya akan bisa disesuaikan dengan waktu kerja yang dilakukannya.

Wisudawan di kampus UPI sedang berpose Ilustrasi/Foto : Dokumen Pribadi)

Berikut beberapa tips bagi mereka yang memilih kuliah kelas karyawan.

Pertama, jika memang sudah bekerja maka sebaiknya sesuaikan jurusan yang hendak diambil yang dapat mendukung karier dari pekerjaan yang dilakukannya. Contoh kalau bekerja di bidang pemasaran maka dapat memilih jurusan Manajemen Pemasaran ataumisal bekerja di bidang telekomunikasi bisa mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan atau mungkin juga mengambil jurusan Teknik Penyiaran. Pokoknya jurusan yang diambil harus ada keterkaitan dengan pekerjaaan yang dilakukan agar memudahkan segala sesuatunya.

Kedua, pilihlah kampus atau universitas yang biaya terjangkau dengan gaji yang dimiliki. Tentu saja pilihan utama pada umumnya adalah kampus yang sudah ternama dengan akreditasi “A”. Namun kalau memang memiliki keterbatasan dalam urusan biaya maka tak ada salahnya mengambil kampus yang levelnya di bawah itu. Mengapa hal ini mesti dilakukan, agar mereka yang kuliah bisa terpenuhi segala kebutuhannya.

Ketiga, ambillah waktu kuliah yang dilakukan sabtu dan Minggu agar tidak menguras tenaga. Kalau pilihannya diambil setiap hari setelah pulang kerja atau sebelum bekerja bagi mereka yang bekerja secara shift maka akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Hal ini jika dilakukan maka konsetrasis etiap hari akan terpecah karena harus memikirkan pekerjaan juga memikirkan kuliah. Sehingga jika kuliah akhir pekan walaupun ada jam bekerja setengah hari maka setidaknya akan leluasa melakukan kegiatan kuliah kelas karyawan itu.

Keempat, carilah kampus yang dekat sekali dengan tempat kerja atau dekat dengan tempat inggal. Hal ini mesti diperhatikan agar perjalanan yang dilakukan tidak menghabiskan waktu. Dengan jarak tempuh yang dekat dan hanya menggunakan waktu singkat maka tidak akan terlalu lelah atau capek saat berkuliah itu. Begitupula kalau ada keperluan maka akan semakin cepat untuk melakukannya.

Kelima, kuatkan komitmen dalam hati bahwa bekerja dan kuliah sama pentingnya. Kedua hal tersebut harus dilakukan secara baik karena keduanya akan menunjang kehidupan yang dijalani. Dalam hal ini sangat dibutuhkan sekali manajemen waktu yang baik sehingga pada pelaksanaannya akan mudah karena kita siap dengan kondisi yang terjadi. Seyogyanya kedunya harus diperjuangkan secara baik karena keduanya penting dan bagian dari proses perjuangan untuk mewujudkan cita-cita yang diharapkan.

Keenam, targetkan kuliah selesai tepat waktu agar apa yang didpat dari kuliah itu bisa dipakai untuk kebutuhan karier. Sehingga kuliah kelas karyawan nantinya akan bisa dirasakan secara baik dan bisa mendukung pekerjaaan yang tengah dilakukan.gelas kesarjanaan untuk saat ini sangat penting karena karier seseorang dintentukan pula oleh jenjang Pendidikan yang dimilikinya.

Karena itulah dengan adanya tips yang sederhana ini mudah-mudahan bisa menjadi panduang bagi mereka yang hendak memilih kuliah kelas karyawan agar apa yang dilakukannya efektif serta memberikan manfaat yang sangat berarti bagi siapa saja yang melakukannya.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image