Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Muslim Sejati Tidak Boleh Berputus Asa dari Rahmat Allah SWT!

Agama | Friday, 27 Oct 2023, 15:09 WIB
sumber gambar: freepik.com

Allah SWT memanggil hamba-Nya yang bergelimang dosa dengan sebutan "hamba-hamba yang melampaui batas". Dia tidak secara khusus menyebutkan dosa mereka, tampak bagaimana kelembutan dan kasih sayang Allah Swt. kepada hamba-Nya, seburuk apa pun dia.

Allah SWT menyebut dengan "hamba-hamba-Ku" membuktikan betapa besarnya cinta Allah SWT kepada kita, sekaligus sebentuk hiburan dan penghormatan. Oleh karena itu, kita layak berbangga dan menjawab seruan-Nya dengan bersegera kembali kepada- Nya. (Prof. Dr. Muhammad Ratib Al Nablusi, Mausu'ah Asma'illah Al Husna)

Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, senantiasa memberikan rahmat dan kasih sayang kepada seluruh ciptaanNya. Oleh karena itu, para hambaNya dilarang untuk berputus asa dari rahmat Allah SWT.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus selalu semangat dan tidak berputus asa dari rahmat Allah:

1. Yakin Terhadap Sifat Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang:

Allah SWT memiliki sifat-sifat mulia, di antaranya Ar-Rahman (Maha Pengasih) dan Ar-Rahim (Maha Penyayang) dalam Al-Quran. Keyakinan ini semestinya menjadi harapan bahwa Allah senantiasa siap untuk memberikan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa mengingat, menyebut dan memohon ampun kepadaNya.

2. Luasnya Pintu Ampunanan Allah SWT: Allah adalah Rabb yang Maha Pengampun. Tidak peduli seberapa besar dosa-dosa yang telah dilakukan, jika seorang hamba sungguh-sungguh bertaubat dan memohon ampunan, Allah SWT akan bukakan pintu ampunan kepada siapa saja yang dikehendakiNya.

3. Cobaan untuk Menguji Keimanan: Dalam hidup, kita pasti akan menghadapi ujian dan cobaan. Ketika kita berada dalam situasi sulit, kita tidak boleh berputus asa. Allah memberikan ujian tersebut sebagai cara untuk menguji keimanan dan ketabahan kita. Dengan tetap percaya pada rahmat Allah, kita dapat menghadapi segala kesulitan dengan lebih baik.

4. Allah SWT akan menjawab doa-doa hambaNya: Allah SWT Maha Mengetahui dan Mendengar doa-doa hamba-Nya. Ketika kita berdoa dan berusaha dengan sungguh-sungguh, Allah SWT akan menjawab doa-doa kita, meskipun mungkin tidak sesuai dengan harapan kita. Kita harus percaya bahwa Allah tahu apa yang terbaik untuk kita. Karena yang menurut kita baik, belum tentu baik bagi kita. Maka sejatinya janganlah berputus asa dari Rahmat Allah SWT.

5. Harapan sebagai Sumber Motivasi: Ketika kita memiliki harapan pada rahmat Allah SWT, itu menjadi sumber motivasi untuk terus berusaha melakukan kebaikan, beribadah, dan memperbaiki diri.

Dalam Islam, seorang muslim tidak boleh berputus asa dari rahmat Allah SWT. Oleh karena itu, setiap Muslim harus selalu yakin, semangat, berdoa, dan terus berusaha untuk menjadi hamba yang lebih baik. Ingatlah bahwa Rahmat, kasih sayang dan pertolongan Allah SWT tiada batas. Dengan demikian, kita dapat lebih lapang dan percaya untuk menapaki kehidupan dengan penuh kekuatan, harapan, dan keyakinan pada rahmat Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image