Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Era Sridianti

Istimewanya Mandi di Pagi Hari

Agama | Thursday, 26 Oct 2023, 12:52 WIB

Mandi Pagi Dalam Kacamata Medis dan Islam

Sebagai umat muslim, menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Dalam hal ini, menjaga kebersihan berkaitan dengan bersuci dimana salah satu cara untuk bersuci adalah dengan mandi. Seorang muslim dianjurkan untuk melakukan mandi di waktu pagi, terutama di waktu fajar karena memiliki banyak keistimewaan yang bermanfaat bagi kesehatan. Menjaga tubuh agar tetap sehat merupakan wujud terima kasih dan rasa syukur kita terhadap nikmat dari Allah SWT.

dr. Citra Fitri Agustina, Pengurus Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), menyampaikan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mandi pagi menggunakan air dingin. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata air yang dingin dapat menstimulasi otak untuk mengirimkan impuls, mengaktifkan syaraf, dan memberikan rangsangan berupa pelepasan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan agar tidak stress.

Perwujudan dari menjaga kebersihan dalam islam dengan mandi pagi dapat dimasukkan dalam kategori “wudhu” atau “ablusi”. Kedua hal tersebut adalah rangkaian persiapan spiritual sebelum beribadah dengan membersihkan diri dan menyiapkan diri sebelum berkomunikasi dengan Allah SWT. Berikut merupakan manfaat dari mandi di pagi hari untuk kesehatan tubuh, meliputi:

 

  1. Tidak mudah terkena penyakit

Penyakit memang tidak kenal usia, jabatan, maupun tokoh yang akan diserang. Setidaknya sebagai individu kita bisa melakukan pencegahan salah satunya dengan mandi untuk menjaga kebersihan. Penyakit seperti demam, pilek, batuk, dan lain sebagainya menjadi tidak mudah menginfeksi tubuh.

2. Wajah tampak bercahaya

Bagi individu yang rajin mandi tentunya akan lebih bersih tubuhnya. Tidak hanya itu, wajahnya sekilas juga tampak lebih bersih, bercahaya, dan sehat.

3. Menjaga kesehatan mata

Tanpa disadari, ternyata rajin mandi pagi juga membantu menjaga kesehatan mata. Daya tahan mata menjadi lebih kuat, tidak mudah lelah, meminimalisir mata rabun.

4. Menurunkan Stress

Tidak hanya secara fisik, mandi pagi juga bermanfaat bagi kesehatan mental tiap individu. Mandi di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon endorfin (hormon bahagia) sehingga perasaan individu menjadi senang, riang, gembira, dan tidak stress.

5. Awet muda

dr. Citra Fitri Agustina menyarankan agar mandi pagi dijadikan kebiasaan setiap harinya karena basuhan-basuhan air ke permukaan kulit dapat membantu mengatasi permasalahan sel kulit mati, mengontrol minyak di wajah, serta mencegah munculnya jerawat di wajah sehingga kulit wajah tampak lebih fresh dan awet muda.

6. Menghilangkan rasa kantuk dan menjaga kesehatan rambut

Terkadang ketika bangun lebih awal tubuh masih memberikan respon dengan kondisi mengantuk. Namun ketika melakukan mandi pagi, maka dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang ada. Selain itu, mandi pagi juga membantu menjaga kelembaban rambut, kebersihan rambut, dan kekuatan rambut. Hal-hal tersebut dijelaskan juga dalam British Journal of Sports Medicine dimana efek dari mandi menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

7. Meningkatkan fokus

Ternyata mandi di pagi hari dapat meningkatkan fokus seseorang, baik dalam berkegiatan di dunia ataupun dalam beribadah. Fokus yang baik saat beribadah dapat meningkatkan kemungkinan dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Kemudian, jika seseorang memiliki fokus yang baik dalam setiap kegiatan juga dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

Waktu yang Kurang Baik Untuk Mandi

Meskipun banyak keistimewaan dan manfaat yang diperoleh dari mandi pagi, terdapat pula waktu tertentu yang kurang dianjurkan. Berikut adalah waktu yang kurang baik untuk mandi:

 

  1. Setelah Ashar

Pada waktu kurang lebih 30 menit setelah ashar menjadi waktu yang kurang baik untuk mandi. Pada waktu tersebut, tubuh dan peredaran darah masih dalam keadaan panas. Jika kondisi ini tetap dipaksakan maka dapat berakibat pada kondisi tubuh yang terasa lelah dan letih berlebihan.

2. Setelah Magrib

Pada rentang waktu pukul 18.00 - 19.00 sangat tidak dianjurkan untuk mandi. Tujuannya untuk menjaga kesehatan jantung karena mandi di waktu tersebut meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah dan jantung yang lemah.

3. Setelah Isya

Pada rentang waktu selepas isya hingga pukul 00.00 sangat dilarang untuk mandi. Hal ini memiliki maksud agar tubuh lebih sehat karena di waktu tersebut merupakan waktu dimana jantung membutuhkan istirahat. Mandi yang dilakukan selepas isya berpotensi sebagai sumber penyakit reumatik dan sakit jantung permanen jika dilakukan terus menerus.

Referensi:

Arrahmah, S. 2022. Khasiat Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Bikin Awet Muda. https://www.nu.or.id/kesehatan/khasiat-mandi-air-dingin-di-pagi-hari-bikin-awet-muda-tKKZB>. Diakses pada 25 Oktober 2023.

Haloriau. 2021. Manfaat dan Keistimewaan Mandi Sebelum Subuh Menurut Islam dan Larangan Mandi di Waktu Ini. https://www.halloriau.com/read-lifestyle-146565-2021-05-05-manfaat-dan-keistimewaan-mandi-sebelum-subuh-menurut-islam-dan-larangan-mandi-waktu-ini.html>. Diakses pada 25 Oktober 2023.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image