Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adzra Ajeng

Mahasiswa Untag Surabaya Manfaatkan MSIB 5 untuk Optimalkan Program Kalimasada

Edukasi | Monday, 23 Oct 2023, 18:12 WIB

Diketahui pada akhir Januari tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek, meluncurkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang bisa disingkat (MBKM). Dalam proses implementasinya terdapat 8 program yang tersedia, salah satunya adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau yang biasa disebut (MSIB). Salah satu instansi yang ikut berpartisipasi menjadi mitra MSIB adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, kegiatan magang yang dilakukan di Dispendukcapil Kota Surabaya ini memberikan pengalaman magang pada mahasiswa untuk mengembangkan potensi dalam diri peserta. Guna pengembangan potensi diri Dispendukcapil Kota Surabaya menawarkan 8 posisi, salah satunya Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan.

Dispendukcapil Kota Surabaya membuka banyak kuota pada bagian Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Kota Surabaya memberikan kesempatan kerja bagi peserta MSIB dengan melakukan pendampingan administrasi kependudukan melalui Program Kalimasada. Program Kalimasada (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Adminduk) sendiri merupakan, salah satu program Dispendukcapil Kota Surabaya dalam merintis terciptanya lingkungan yang tertib adminduk dengan meningkatkan jumlah masyarakat sadar adminduk.

Mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan ini diberikan tugas untuk membantu Dispendukcapil Kota Surabaya dalam mengoptimalkan program Kalimasada, yang sebelumnya sudah terlaksana ini dapat dilanjutkan dengan lebih baik. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian akun KLAMPID pada setiap mahasiswa magang, guna membantu masyarakat dalam proses pengurusan dokumen adminduk lebih cepat dan efisien. Karena program ini dilaksanakan dengan melakukan pelayanan pada Balai RW dan juga secara Door to Door. Tidak sedikit masyarakat enggan datang ke Kelurahan, terkadang terdapat juga masyarakat yang jarang dirumah. Adanya kegiatan ini selain memudahkan masyarakat, juga sebagai pengoptimalan program Kalimasada.

Adzra Ajeng Lestari, merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti program MSIB 5 dari Program Studi Administrasi Publik Untag Surabaya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya yang ditempatkan di Kelurahan Gebang Putih. Ajeng menyebutkan banyak warga Gebang Putih yang namanya tercantum dalam data warga yang belum melengkapi data administrasi kependudukan meliputi Data Belum Rekam KTP Baru, Data Belum KIA, Data Kawin Belum Tercatat, dan lain sebagainya. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan Balai RW dan juga secara Door to Door ini juga menjadi bukti atas kebenaran data yang ada.

Diharapkan dengan adanya Program Kalimasada yang dilakukan bersama mahasiswa magang ini, dapat menyadarkan masyrakat bahwa pentingnya untuk mengurus dokumen adminduk. Pelaksanaan Program Kalimasada yang dilakukan Balai RW dan juga secara Door to Door ini, bisa mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen adminduk dan sahasiswa magang dapat lebih dekat berinteraksi dengan masyarakat. Kedepannya diharapkan program ini akan terus dilaksanakan dengan baik, agar dapat membantu masyarakat dalam proses pengurusan dokumen adminduk dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengurus dokumen adminduk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image