Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faisal Surya Triatmaja

Investasi Prestasi Dalam Edukasi

Edukasi | Monday, 23 Oct 2023, 16:14 WIB
Sumber : bit.ly/3ShKvoK

Investasi adalah salah satu peranan yang penting bagi suatu negara. Dalam bidang ekonomi investasi merupakan kegiatan penempatan dana pada suatu aset selama beberapa periode dengan bertujuan mendapatkan peningkatan nilai. Namun, dalam bidang pendidikan investasi merupakan kegiatan penempatan seseorang dalam lembaga pendidikan dengan bertujuan mendapatan peningkatan karakteristik dan kualitas seseorang. Negara memerlukan investasi pendidikan dalam kemajuan bangsanya.

Pendidikan bisa kita pola pikirkan sebagai langkah sukses negara. Negara perlu merubah pandangan bahwa pengeluaran yang dikeluarkan untuk pendidikan akan mendapatkan timbal balik pada negara. Pendidikan juga investasi jangka panjang dalam dunia pekerjaan. Negara seharusnya mengedukasikan bahwa pendidikan penting untuk investasi terhadap kesuksesan diri dan negara. pendidikan juga investasi jangka panjang prestasi.

Dikutip dari bpmpsulteng.kemdikbud.go.id, Korea Selatan bertengger di nomor pertama. Korea mengalahkan Jepang yang meskipun investasi dalam pendidikan anak usia dini cukup tinggi tetap masih belum mampu mengimbangi model pendidikan Korea Selatan yang bahkan memberlakukan lama belajar selama tujuh hari kerja. Di samping itu Anggaran pendidikan nasional pada tahun 2014 dipekirakan mencapai hingga 11 Miliar US Dollar atau setara 150 Triliun Rupiah. Tingkat melek huruf total adalah 97,9% dengan komposisi, laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan.

Dari kutipan diatas, dikatakan bahwa investasi yang dikeluarkan dalam pendidikan tidaklah jumlah yang sedikit. Namun pengorbanan yang besar dalam pendidikan bisa memberikan efek yang jelas dan sukses bagi negara Korea selatan. Adapun beberapa negara lain yang menempuh peringkat atas karena menginvestasikan untuk pendidikan.

Pendidikan satu prioritas yang sangat berperan dalam prestasi. Semua negara dikenal dan ternama dalam satu prestasi. Maka dari itu, edukasikan bahwa pendidikan satu investasi jangka panjang dalam perubahan prestasi. Pembentukan pikiran dalam masyarakat indonesia bahwa pendidikan bukan tentang kewajiban tapi salah satu bentuk apresiasi dalam investasi tertinggi dalam kemajuan negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image