Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Lailatul Maghfiro

Cegah Krisis Kesehatan Mental yang Meningkat pada Generasi Z

Edukasi | Monday, 23 Oct 2023, 12:02 WIB
Sumber : Istock photo-Ilustrasi Kesehatan Mental.

Kesehatan mental pada saat ini menjadi topik yang sangat menarik pada perbincangan generasi z karena meningkatnya jumlah kasus kesehatan mental pada generasi z. Penyakit mental menjadi sangat bahaya karena tidak mudah terlihat oleh mata.

Kesehatan mental merupakan suatu keadaan kesejahteraan mental yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi tekanan hidup menyadari kemampuannya belajar dengan baik dan ikut berkontribusi pada suatu komunitas. hal tersebut menjadi komponen integral dari suatu kesehatan dan kesejahteraan yang mendasari pada kemampuan individu dan kolektif untuk mengambil keputusan dan membangun dunia tempat kerja.

Kesehatan mental tidak hanya sekedar gangguan mental. Penyakit ini berada pada kontinum yang kompleks. juga di alami secara berbeda dari satu orang ke orang lain dengan tingkat kesulitan dan tekanan yang berbeda juga, serta potensi sosial dan klinis yang berbeda. Adapun macam - macam gangguan kesehatan mental, seperti berikut : PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder), ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), gangguan bipolar, dan gangguan depresi.

Faktor faktor yang mempengarubi kesehatan mental Rada generasi z:

1. pola asuh orang tua.

Pola asuh adalah proses mendidik membimbing mendisiplinkan dan melindungi anak hingga dewasa sesuai norma sosial Jenis pola asuh pada pengasuhan terdiri dari: pola asuh demokratis: pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Masing - masing pola asuh tersebut memiliki dampak bagi perkembangan generasi z sekarang.

2. Kondisi kesehatan lingkungan.

Kondisi kesehatan lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mental karena kondisi rumah yang berkaitan dengan kondisi lingkungan apabila tidak memenuhi syarat dapat menimbulkan gangguan kesehatan baik kesehatan fisik atau mental.

3. Sosial ekonomi.

Lingkungan sosial merupakan lingkungan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia karena tanpa dukungan sekitarnya seseorang tidak bisa berkembang secara normal. Sedangkan pengaruh ekonomi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kurangnya kesempatan orang tua untuk bersama anaknya karena orang tua sibuk mencari nafkah, pendapatan kurang mencukupi sehingga orang tua kurang memperhatikan kesehatan mental pada anak.

Promosi dan Pencegahan Kesehatan Mental

Intervensi promosi dan pencegahan dilakukan dengan mengidentifikasi faktor penentu kesehatan mental secara individu, sosial dan struktural. Kemudian juga membangun lingkungan yang mendukung kesehatan mental.

Pembentukan kembali faktor penentu kesehatan mental memerlukan tindakan di luarwilayah kesehatan sehingga program tersebut harus melibatkan wilayah pendidikan, tenaga kerja, keadilan, transportasi, Lingkungan hidup dan kesejahteraan.

Mempromosikan kesehatan mental pada generasi z merupakan prioritas yang dapat dicapai melalui kebijakan dan undang - undang yang mempromosikan dan melindungi kesehatan mental, mendukung pengasuh untuk memberikan pengasuhan yang baik. Program pembelajaran sosial dan emosional berbasis sekolah adalah strategi promosi yang paling efektif bagi negara.

Perawatan Kesehatan Mental

1. Terapi Psikologis

2. Meditasi.

3. Olahraga.

4, Mengatur pola makan.

5. Menghindari ķebiasaan buruk

6. Mempererat dukungan sosial.

7. Mengurangi stres.

Untuk menciptakan kesehatan mental pada generasi z yang sehat. Mari, semuanya untuk sadar bahwa yang tidak terlihat (kesehatan mental) bukan berarti tidak ada. Your Mental health is a priority.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image