Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 013_ Nabila Wulandari

Problematika Terkait Sarana Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Sekolah | Sunday, 22 Oct 2023, 22:51 WIB

Keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan yang memberikan dukungan kepada siswa dalam aspek akademik, sosial, emosional, dan karir. Untuk mewujudkan layanan konseling yang efektif dan efisien, sarana dan prasarana konseling menjadi komponen penting.

Malang, 18 Oktober 2023—Dalam penelitian yang dilakukan disalah satu Sekolah Menengah Atas (SMA), ditemukan beberapa problematika yang dihadapi guru bimbingan dan konseling. Salah satu masalah utama yang muncul adalah kekurangan sarana dan prasarana terkait ruangan bimbingan dan konseling yang dibutuhkan untuk memberikan layanan yang efektif kepada siswa.

Idealnya, standar ruang bimbingan dan konseling harus terdiri dari beberapa ruang fungsional yang berbeda, termasuk ruang kerja, ruang konseling individual, ruang konseling kelompok, ruang tamu, ruang bimbingan individu dan bimbingan kelompok, serta ruang data. Namun, disekolah ini, semuanya terkonsentrasi dalam satu ruangan yang tidak memiliki sekat atau batas tembok yang memadai.

Kondisi ini telah menimbulkan kesulitan bagi guru bimbingan dan konseling dalam melakukan pekerjaan mereka. “Sebenarnya ini kan tidak memenuhi standarisasi untuk ruangan bimbingan dan konseling ya, karena ruang privasinya pun sangat-sangat kurang” ucap Guru BK. Karena ruang yang tidak memadai, mereka harus menghadapi gangguan dan ketidaknyamanan.

Sekolah dan pihak berwenang perlu mempertimbangkan untuk memberikan dukungan yang lebih baik kepada guru bimbingan dan konseling dengan menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar. Jika tidak ada opsi untuk menambah atau membangun ruangan baru, guru bimbingan dan konseling dapat merancang ulang ruang yang ada dengan lebih efisien. Misalnya, dengan menggunakan penghalang fisik atau tirai untuk menciptakan privasi selama sesi konseling. Ini akan membantu memastikan bahwa layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan lancar dan efisien, memberikan manfaat besar bagi perkembangan siswa di SMA tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image